Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Silimakuta Saribudolok
DOI:
https://doi.org/10.36985/fxafw908Kata Kunci:
Model Project Based Learning (PJBL), Teks Anekdot, Siswa Kelas XAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Silimakuta. Model PJBL merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan pada proyek-proyek kolaboratif yang melibatkan siswa dalam memecahkan masalah nyata, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa secara signifikan.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes menulis teks anekdot yang telah divalidasi oleh para ahli pendidikan dan bahasa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik pendekatan korelasi dan inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang sedang dalam kemampuan menulis teks anekdot pada kelompok siswa yang menerima pembelajaran dengan Model PJBL dibandingkan dengan model pembelajaran inkuiri dan ceramah. Hal ini mengindikasikan bahwa Model PJBL efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Silimakuta saribudolok. Kesimpulannya, penerapan Model PJBL dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot pada siswa sekolah menengah atas. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi pendekatan proyek berbasis pembelajaran dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis siswa di sekolah
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Tia Monica, Sinur Hutagaol (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 
							



