Pengaruh Model “Mind Mapping” Terhadap Kemampuan Menulis Resensi Novel Siswa Kelas X SMK AL-Wasliyah 7 Serbelawan
DOI:
https://doi.org/10.36985/5qcv0741Kata Kunci:
Model Mind Mapping, Menulis, Resensi NovelAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Kemampuan Menulis Resensi Novel Siswa Kelas X Smk Al-Wasliyah 7 Serbelawan. Penelitian ini merupakan metode kuantitatiaf dengan menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dalam bentuk tes essay dan dibagi menjadi dua yaitu pre-test dan post test. Teknik pengolahan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan SPSS 2.6 windows. Hasil penelitian ini diperoleh data pre-test dan post-test. Nilai pre-tes siswa pada kelas kontrol sebesar 1640 dengan nilai rata-rata 54,67. Sedangkan nilai post-tes pada kelas eksperimen sebesar 1720 dengan nilai rata-rata 57,33. Nilai pre-tes kelas kontrol 2220 dengan nilai rata-rata 74,00, sedangkan nilai post-tes kelas eksperimen 2606 dengan nilai rata-rata 86,87. Berdasarkan uji hipotesis, skor post-test diperoleh thitung sebesar 73,010, sedangkan ttabel dengan df 59 yaitu 0,2126. Ini berarti 73,010 > 0,2126 . Karena thitung > ttabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif diterima (Ha). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan siswa yang diajarkan dengan model mind mapping dan tanpa model mind mapping terhadap kemampuan menulis resensi novel siswa kelas X SMK Al-Washliyah 7 Serbelawan
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sri Devi Ramadhan, Berlian Romanus Turnip (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 
							



