Pengaruh Metode Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Laporan Perjalanan

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36985/70d4pd80

Kata Kunci:

Metode Kontekstual, Kemampuan Menulis Laporan Perjalanan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis laporan perjalanan. Metode yang digunakan penulis pada penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Alasan penulis menggunakan penelitian ini adalah untuk melihat ada tidaknya hubungan antara metode pembelajaran kontekstual ( variabel X ) terhadap kemampuan menulis laporan perjalanan ( variabel Y ) yang diteliti. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel X dan Y penulis menggunakan rumus korelasi product moment yang dikemukakan oleh Arikunto. Penulis telah menghubungkan hasil dari dua variabel X ( pengaruh metode pembelajaran kontekstual ) danvariabel Y ( terhadap menulis laporan perjalanan ). Dari perhitungan analisis diperoleh nilai koefisiennya( r ) = 0,27 artinya bahwa antara kedua variabel tersebut mempunyai korelasi yang sangat tinggi. Hasil korelasi( r ) tersebut dilanjutkan dengan penyisipan hipotesis atau uji “ t “ dan diperoleh hasil sebesar 5,09  sedangkan t tabel berdasarkan taraf yang sangat signifikan x = 0,05 dengan derajat kebebasan (db) sebesar 2,00. Maka hipotesis alternative (Ha) yang ditetapkan diterima kebenarannya dan hipotesisnol (Ho) ditolak kebenarannya

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2024-11-15

Cara Mengutip

Pengaruh Metode Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Laporan Perjalanan. (2024). Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 2(1), 15-23. https://doi.org/10.36985/70d4pd80

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama