Pengaruh Metode Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Laporan Perjalanan
DOI:
https://doi.org/10.36985/70d4pd80Kata Kunci:
Metode Kontekstual, Kemampuan Menulis Laporan PerjalananAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis laporan perjalanan. Metode yang digunakan penulis pada penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Alasan penulis menggunakan penelitian ini adalah untuk melihat ada tidaknya hubungan antara metode pembelajaran kontekstual ( variabel X ) terhadap kemampuan menulis laporan perjalanan ( variabel Y ) yang diteliti. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel X dan Y penulis menggunakan rumus korelasi product moment yang dikemukakan oleh Arikunto. Penulis telah menghubungkan hasil dari dua variabel X ( pengaruh metode pembelajaran kontekstual ) danvariabel Y ( terhadap menulis laporan perjalanan ). Dari perhitungan analisis diperoleh nilai koefisiennya( r ) = 0,27 artinya bahwa antara kedua variabel tersebut mempunyai korelasi yang sangat tinggi. Hasil korelasi( r ) tersebut dilanjutkan dengan penyisipan hipotesis atau uji “ t “ dan diperoleh hasil sebesar 5,09 sedangkan t tabel berdasarkan taraf yang sangat signifikan x = 0,05 dengan derajat kebebasan (db) sebesar 2,00. Maka hipotesis alternative (Ha) yang ditetapkan diterima kebenarannya dan hipotesisnol (Ho) ditolak kebenarannya
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Nurul Septi Ariani, Rosmeri Saragih (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 
							



