Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen di Kelas XI SMK N 1 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.36985/5cjx4t89Kata Kunci:
Model Pembelajaran, Discovery Learning, Teks cerpenAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Model Pembelajaran Discovery Learning, mengetahui menulis teks cerpen, dan mengetahui bagaimana Model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pematangsiantar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik korelasi dan eksperimen berbentuk pre-test. model pembelajaran Discovery Learning (X) dan post-test kemampuan menulis teks cerpen (Y). Teknik pengolahan data pada penelitian ini adalah korelasi product moment. Hasil penelitan ini diperoleh perhitungan korelasi sebesar 0,65 dan uji -t diperoleh t hitung = 7,15 pada taraf signifikan Q= 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = N-2 =72-2 = 70 diperoleh t tabel =2,00. Jadi t hitung lebih besar dari t tabel (t hitung 7,15 > t tabel = 2,00 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan menulis teks cerpen di kelas XI SMK Negeri 1 Pematangsiantar. Jadi Ha diterima kebenarannya dan Ho ditolak kebenarannya
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Kittin Rohmadearni Gajah, Lili Tansliova (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.



