Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen di Kelas XI SMK N 1 Pematangsiantar

Penulis

  • Kittin Rohmadearni Gajah SMA Negeri 1 Raya, Kabupaten Simalungun , Penulis
  • Lili Tansliova Universitas Simalungun image/svg+xml Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36985/5cjx4t89

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Discovery Learning, Teks cerpen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Model Pembelajaran Discovery Learning, mengetahui menulis teks cerpen, dan mengetahui bagaimana Model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pematangsiantar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik korelasi dan eksperimen berbentuk pre-test. model pembelajaran Discovery Learning (X) dan post-test  kemampuan menulis teks cerpen (Y). Teknik pengolahan data pada penelitian ini adalah korelasi product moment. Hasil penelitan ini diperoleh perhitungan korelasi sebesar 0,65 dan uji -t diperoleh t hitung = 7,15 pada taraf  signifikan Q= 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = N-2 =72-2 = 70 diperoleh t tabel =2,00. Jadi t hitung lebih besar dari t tabel (t hitung  7,15 > t tabel = 2,00 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan menulis teks cerpen di kelas XI SMK Negeri 1 Pematangsiantar. Jadi Ha diterima kebenarannya dan Ho ditolak kebenarannya

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2024-11-15

Cara Mengutip

Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen di Kelas XI SMK N 1 Pematangsiantar. (2024). Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 2(2), 64-74. https://doi.org/10.36985/5cjx4t89