Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Pematang Raya

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36985/nq6z1g12

Kata Kunci:

Pendekatan, Keterampilan Proses, Menulis Cerpen

Abstrak

Permasalaha yang dibahas dalam penelitian ini berkaitan dengan Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Pada Kelas Ix Smp Negeri 2 Pematang Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pematang Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional dan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes berupa uraian meliputi tes awal (pre test) dan (post-test). Pendekatan Keterampilan Proses (X) dan kemampuan menulis cerpen (Y). Teknik analisis data dalam penelitian iniadalah korelasi product moment. Hasil penelitian ini dipero leh dari perhitungan korelasi sebesar 0,63 dan uji –t diperoleh t hitung = 6,30 pada taraf signifikan Q = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = N-2 = 63-2 = 61 diperoleh t tabel = 2,00. Jadi t hitung lebih besar dari t tabel (t hitung 6,30 > t tabel = 2,00 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara Pendekatan Keterampilan Proses terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pematang Raya. Jadi Ha diterima kebenarannya dan Ho ditolak kebenarannya

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2024-11-15

Cara Mengutip

Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Pematang Raya. (2024). Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 4(1), 46-54. https://doi.org/10.36985/nq6z1g12