Pengaruh Model Number Head Together Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP YPK Pematangsiantar

Penulis

  • Rizki Wulandari SMA Yayasan Perguruan Keluarga, Pematangsiantar , Penulis
  • Rahmat Kartolo Silitonga Universitas Simalungun image/svg+xml Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36985/sdxwrh24

Kata Kunci:

Number Head Together, Kemampuan menulis, Teks Eksplanasi

Abstrak

Judul penelitian ini adalah Pengaruh Model Number Head Together Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi SiswaKelas VIII SMP YPK Pematangsiantar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan Korelasi Penerapan Model Number Head Together Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Kelas VIII SMP YPK Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik Pengumpulan data penelitian ini berbentuk essay test.Teknik pengolahan data menggunakan program SPSS versi 22. Analisis data dilakukan dengan cara uji product moment, uji t regresi linear sederhana, mencari rata-rata (X) dan (Y), standar deviasi (S), dan hipotesis diuji dengan statistik atau uji t pada taraf signifikan  = 0,05. Nilai rata-rata pre-test dan post-test adalah 62,72 dan 88,50. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung 3,415 > ttabel 2,00 yang menunjukkan bahwa Hₐ diterima dan H₀ ditolak. Jadi, ada pengaruh penggunaan model Number Head Together terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Diperoleh hasil bahwa Kemmapuan menulis tek eksplanasi peserta didik meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2024-11-15

Cara Mengutip

Pengaruh Model Number Head Together Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP YPK Pematangsiantar. (2024). Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 4(2), 98-104. https://doi.org/10.36985/sdxwrh24