Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Anekdot Di Kelas X SMK Negeri 1 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.36985/hkg18a53Kata Kunci:
Penerapan Model Problem Based Learning, Menganalisis Teks AnekdotAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Anekdot di Kelas X SMK Negeri 1 Pematang Siantar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes berupa uraian yang meliputi pre-test (Tes Awal) dan post-test (Tes Akhir). Model Problem Based Learning (X) dan Kemampuan Menganalisis Teks Anekdot (Y). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Paired sample t-test dengan bantuan program SPSS 2.1 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar menganalisis teks anekdot dengan menggunakan metode ceramah memiliki nilai rata rata post-test sebesar 71,83 berada pada kategori cukup. Sedangkan hasil belajar menganalisis teks anekdot dengan menggunakan model problem based learning memiliki nilai rata rata post-test sebesar 87,20 berada pada kategori baik. Pada pengujian paired sample-t test diperoleh nilai t hitung = 28.944 dan nilai sig. (2 tailed) 0,000. Nilai distribusi t tabel dapat dilihat berdasarkan df = 29 dengan taraf signifikan = 0,05 adalah 2,045. Karena nilai t hitung > t tabel (28,944 > 2,045) dan sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan menganalisis teks anekdot
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Bunga Sitorus, Tuti Ariani Nasution, Rosmeri Saragih (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.



