Penerapan Pembelajaran Model Koperatif Type Study Teams Acheviement Devision (STAD) Terhadap Kemampuan Menulis Surat Pribadi Dan Surat Dinas Siswa Kelas VII SMP Taman Siswa Sidomulyo
DOI:
https://doi.org/10.36985/z6ew5c51Kata Kunci:
Studi Team Acheivement Division ( STAD), Surat Pribadi dan Surat DinasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Studi Team Acheviement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Menulis Surat Pribadi dan Surat Dinas Kelas VII SMP Taman Siswa Sidomulyo. Metode Penelitian Kuantitatif Eksperimen. Teknik pengumpulan data essay teks . Teknik analisis data menggunakan Program SPSS versi 21 for windows, hasil uji homogenitas Fhitung dari surat Pribadi =23,631 > ftabel = 4,04 dengan menggunakan level sigifikan α=0,05. Hasil uji Paired Sampel t-test sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hasil uji hasil uji homogenitas Fhitung dari surat Dinas =8,372 > ftabel = 4,04 dengan menggunakan level sigifikan α=0,05. Hasil uji Paired Sampel t-test sig (2-tailed) 2,748 > 1,710 terdapat nilai rata-rata pre-test dan post-test kelompok kelas ekperimen dan kelas kontrol surat pribadi dan surat dinas. Nilai rata-rata kelompok pre-test kelas kontrol surat pribadi dan surat dinas 64,92 dan post-test 84,76. Nilai kelompok pre-test kelas ekperimen surat pribadi dan surat dinas 67,96 dan post-test 83,76. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif Tipe Study Teams Acheviement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi dan durat dinas di kelas VII SMP Taman Siswa Sidomulyo
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Hindun Kasturi, Berlian Romanus Turnip, Resmi (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.



