Pengaruh Model Pembelajaran Partisipatori Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Pematangsiantar

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36985/0gexwz71

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Partisipatori, Menulis, Teks Negoisasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Model Partisipatori Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Kelas X SMK Negeri 2  Pematangsiantar. Rendahnya nilai yang diperoleh siswa dalam menulis teks negosiasi membuat penulis memutuskan untuk menerapkan suatu metode pembelajaran yang belum pernah digunakan sebelumnya oleh guru. Teks negosiasi adalah suatu teks yang berisi interaksi sosial yang umumnya berfungsi sebagai media untuk mencapai suatu kesepakatan dari perbedaan pendapat antara satu individu dengan individu lainnya. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi, guru menerapkan metode pembelajaran partisipatori dimana metode ini partisipatif memposisikan murid sebagai pusat utama pembelajaran. Siswa diberikan kesempatan luas untuk mencari informasi secara mandiri, menemukan fakta, serta memecahkan persoalan yang menjadi kajian dalam suatu topik pembelajara.Teknik pengumpulan data tes tertulis berupa essay test. Teknik` analisis data menggunakan Program SPSS Version 2.1 Windows. Hasil uji normalitas dilihat dari nilai sig > 0, 05 artinya data penelitianl berdistribusi normal. Maka Ha diterima dan H0 ditolak kebenarannya,yang artinya ada Pengaruh Model Partisipatori Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Kelas X SMK Negeri 2  Pematangsiantar

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2024-11-22

Cara Mengutip

Pengaruh Model Pembelajaran Partisipatori Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Pematangsiantar. (2024). Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 169-182. https://doi.org/10.36985/0gexwz71

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>