Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Youtube Terhadap Kemampuan Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Serbelawan

Penulis

  • Amelia Yuhaini SDN 105455 Sibatu-Batu, Pematangsiantar , Penulis
  • Berlian R Turnip Universitas Simalungun image/svg+xml Penulis
  • Sinur Hutagaol Universitas Simalungun image/svg+xml Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36985/jt6dbv20

Kata Kunci:

Model SAVI, Youtube, Teks Iklan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan YouTube Terhadap Kemampuan Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Serbelawan. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk uraian essay dan di bagi menjadi 2 yaitu pre-test dan pos-test, dan dokumentasi gambar kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini diperoleh dari data pre-test dan pos-test. Hasil data pre-test diperoleh dengan jumlah 4639 dengan nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 82, rata-rata yang diperoleh 67,23. Hasil post-test yang diperoleh dengan jumlah 5716 dengan nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 95, rata-rata yang diperoleh 82,84. Hasil nilai dengan mengggunakan rumus korelasional adalah 0,59. Perhitungan digolongkan pada tingkat korelasi sedang. Hasil data akhir dengan pengujian hipotesis uji-t diperoleh 5,95 = taraf signifikan  = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = n – 2 atau 69 – 2 = 67 diperoleh 1,996 jadi  lebih besar dari  ( 5,95 > 1,996) maka Ha diterima kebenarannya dan Ho ditolak kebenarannya

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2024-11-22

Cara Mengutip

Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Youtube Terhadap Kemampuan Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Serbelawan. (2024). Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 202-220. https://doi.org/10.36985/jt6dbv20

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama