PENGARUH JARAK LOKASI KEBUN KELAPA SAWIT RAKYAT TERHADAP BIAYA TRANSPORTASI DI DESA HUTA PADANG KECAMATAN BANDAR PASIR MANDOGE KABUPATEN ASAHAN

Authors

  • Jhonson A Marbun Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Simalungun Author
  • Linda Reni Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Simalungun Author
  • January Rizki Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Simalungun Author
  • Anggi Teresia Sinaga Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Simalungun Author

Keywords:

Biaya, Transportasi, Jarak, Regresi Linear

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk :  Untuk mengetahui perbedaan biaya transportasi antara jarak dekat, jarak sedang, dan jarak jauh pengangkutan kelapa sawit rakyat di Desa Huta Padang. Untuk mengetahui pengaruh jarak lokasi terhadap biaya transportasi pengangkutan kelapa sawit rakyat di Desa Huta Padang. Metode penentuan populasi dan sampel populasi dalam penelitian ini adalah jumlah rumah tangga yang bertani, sedangkan sampel yang diambil adalah rumah tangga yang bertani kelapa sawit, pengambilan sampel dengan metode purposive sampling, yang dimana metode ini munggunakan kriteria yang telah dipilih oleh peneliti dalam memilih. Terdapat perbedaan yang signifikan antara biaya transportasi pengangkut kelapa sawit ke tempat pengumpulan hasil petani kelapa sawit berjarak dekat, jarak sedang, dan jarak jauh. Yang dimana petani kelapa sawit jarak jauh adalah biaya yg paling tinggi dengan rata – rata biaya transportasi sebesar Rp 148.333 dengan jumlah produksi sebanyak 1.000 kg, menyusul jarak sedang dengan rata – rata biaya produksi sebesar Rp 126.538 dengan jumlah produksi sebanyak 1.000 kg, dan biaya transportasi yang paling rendah adalah petani kelapa sawit yang berjarak dekat dengan rata – rata biaya transportasi sebesar Rp 111.363 dengan jumlah produksi sebanyak 1.000 kg. Dengan ini menunjukkan semakin jauh jarak kebun kelapa sawit ke tempat pengumpulan akhir TBS, semakin tinggi biaya transportasi yang harus dikeluarkan. hal ini dilihat berdasarkan hasil perhitungan uji paired sampel t-test dimana jarak dekat dengan nilai t-hitung 158,149>3,169 t-tabel, jarak sedang dengan nilai t-hitung 189,970>3,055 t-tabel, dan jarak jauh dengan nilai t-hitung 140,755>4,032 t-tabel. Maka Ho ditolak H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh bahwa secara simultan (serempak) biaya transportasi pengangkut TBS petani kelapa sawit (Y) dipengaruhi oleh jarak dekat (X1), jarak sedang (X2), dan jarak jauh (X3). Hal ini di dukung oleh nilai sig 0,001 < (α 0,05) dan nilai F- hitung 231,412>F- tabel 2,96. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh secara parsial bahwa variabel jarak dekat (X1) jarak sedang (X2) dan jarak jauh (X3) memiliki pengaruh signifikan atau nyata terhadap biaya transportasi pengangkut TBS petani kelapa sawit di Desa Huta Padang Kecamatan Bandar Pasir Mandoge Kabupaten Asahan. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh bahwa secara simultan (serempak) biaya transportasi pengangkut TBS petani kelapa sawit (Y) dipengaruhi oleh jarak dekat (X1), jarak sedang (X2), dan jarak jauh (X3). Hal ini di dukung oleh nilai sig 0,000 < (α 0,05) dan nilai F- hitung 119,520>F- tabel 2,96. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh secara parsial bahwa variabel jarak dekat (X1) jarak sedang (X2) dan jarak jauh (X3) memiliki pengaruh signifikan atau nyata terhadap biaya transportasi pengangkut TBS petani kelapa sawit di Desa Huta Padang Kecamatan Bandar Pasir Mandoge Kabupaten Asahan.

This research aims to: To determine the difference in transportation costs between short distance, medium distance and long distance transportation of smallholder oil palm in Huta Padang Village.  To determine the effect of location distance on transportation costs for transporting smallholder oil palm in Huta Padang Village. The method for determining the population and population sample in this study is the number of households that farm, while the sample taken is households that farm oil palm, sampling using a purposive sampling method, which uses the criteria chosen by the researcher in selecting. There is a significant difference between the cost of transporting oil palm to short-distance, medium-distance, and long-distance oil palm farmers' collection points. Where long-distance oil palm farmers are the highest cost with an average transportation cost of Rp 148,333 with a total production of 1,000 kg, followed by medium distance with an average production cost of Rp 126,538 with a total production of 1,000 kg, and the lowest transportation cost is oil palm farmers who are close to each other with an average transportation cost of Rp 111,363 with a total production of 1,000 kg. This shows that the farther the distance from the oil palm plantation to the final collection point of FFB, the higher the transportation costs that must be incurred. This is seen based on the results of the calculation of the paired test of the T-test sample where the close distance with a t-count value of 158,149>3.169 t-table, medium distance with a t-count value of 189,970>3.055 t-table, and long-distance with a t-count value of 140,755>4,032 t-table. So Ho was rejected H1 and accepted. Based on the results of multiple linear regression analysis, it was obtained that simultaneously (simultaneously) the transportation costs of oil palm farmers (Y) were affected by short distance (X1), medium distance (X2), and long distance (X3). This is supported by a sig value of 0.001 < (α 0.05) and an F-count value of 231.412>F-table 2.96. Based on the results of regression analysis, it was obtained partially that the short-distance (X1), medium-distance (X2) and long-distance (X3) variables had a significant or real influence on the transportation costs of FFB transporters of oil palm farmers in Huta Padang Village, Bandar Pasir Mandoge District, Asahan Regency. Based on the results of multiple linear regression analysis, it was obtained that simultaneously (simultaneously) the transportation costs of oil palm farmers (Y) were affected by short distance (X1), medium distance (X2), and long distance (X3). This is supported by a sig value of 0.000 < (α 0.05) and the value of F- count 119.520>F- table 2.96. Based on the results of regression analysis, it was obtained partially that the short-distance (X1), medium-distance (X2) and long-distance (X3) variables had a significant or real influence on the transportation costs of FFB transporters of oil palm farmers in Huta Padang Village, Bandar Pasir Mandoge District, Asahan Regency.  

Downloads

Published

2025-02-03