PENGARUH EXPORT PROMOTION AGENCIES TERHADAP KINERJA EKSPOR LEMAK KAKAO INDONESIA

Authors

  • Efri Junaidi Program Studi Penyuluh Peternakan, Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor, Bogor Author
  • Ratna Mega Sari Program Studi Agribisnis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang Author

Keywords:

export promotion agencies, kakao, model gravitasi

Abstract

Pembentukan Export Promotion Agencies merupakan salah satu strategi pemerintah Indonesia untuk meningkatkan ekspor non migas termasuk kakao sebagai salah satu komoditas strategis. Namun pada kenyataannya peran Export Promotion Agencies menjadi dipertanyakan seiring dengan semakin fluktuatifnya ekspor non migas nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai ekspor lemak kakao sebagai produk kakao olahan yang paling banyak diekspor. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model gravitasi dengan regresi data panel yang melibatkan tujuh negara eksportir utama yaitu Malaysia, China, India, Amerika Seikat, Brazil, Jerman, dan Filiphina. Hasil penelitian menunjukan bahwa PDB (Produk Domestik Bruto) negara pengimpor memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap nilai ekspor lemak kakao. Namun demikian variabel export promotion agencies belum memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan nilai ekspor lemak kakao di negara tujuan utama.

The establishment of Export Promotion Agencies is one of the Indonesian government's strategies to increase non-oil and gas exports, including cocoa as one of the strategic commodities. However, in reality, the role of Export Promotion Agencies has been called into question as national non-oil and gas exports have become increasingly volatile. This study aims to analyze the factors influencing the export value of cocoa butter as the most exported processed cocoa product. The research was conducted using a gravity model with panel data regression, involving seven major exporting countries: Malaysia, China, India, the United States, Brazil, Germany, and the Philippines. The results of the study indicate that the GDP (Gross Domestic Product) of importing countries has a positive and significant influence on the export value of cocoa butter. However, the variable of export promotion agencies has not yet shown a significant impact on increasing the export value of cocoa butter in the main destination countries.

 

Downloads

Published

2025-02-03