PENGARUH EXPORT PROMOTION AGENCIES TERHADAP KINERJA EKSPOR LEMAK KAKAO INDONESIA
Kata Kunci:
export promotion agencies, kakao, model gravitasiAbstrak
: Pembentukan Export Promotion Agencies merupakan salah satu strategi pemerintah Indonesia untuk meningkatkan ekspor non migas termasuk kakao sebagai salah satu komoditas strategis. Namun pada kenyataannya peran Export Promotion Agencies menjadi dipertanyakan seiring dengan semakin fluktuatifnya ekspor non migas nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai ekspor lemak kakao sebagai produk kakao olahan yang paling banyak diekspor. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model gravitasi dengan regresi data panel yang melibatkan tujuh negara eksportir utama yaitu Malaysia, China, India, Amerika Seikat, Brazil, Jerman, dan Filiphina. Hasil penelitian menunjukan bahwa PDB (Produk Domestik Bruto) negara pengimpor memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap nilai ekspor lemak kakao. Namun demikian variabel export promotion agencies belum memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan nilai ekspor lemak kakao di negara tujuan utama.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JURNAL AGRILINK: KAJIAN AGRIBISNIS DAN RUMPUN ILMU SOSIOLOGI PERTANIAN

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.





