PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS XI SMA SWASTA KARTIKA I-4 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2021/2022
Keywords:
Problem Based Learning, KonvensionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan besarnya perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dan metode konvensional pada materi system pernapasan manusia di kelas XI SMA Swasta Kartika I-4 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2021/2022. Jumlah populasi sebanyak 193 orang yang terdiri dari 4 kelas dan sampel diambil secara cluster random sampling sehingga diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen (XI mia 1) 48 orang dan kelas kontrol (XI mia 3) 48 orang. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan Kelas control diberi perlakuan menggunakan metode konvensional. Analisis data dilakukan dengan mencari rata-rata (X̅), standart deviasi (S) dan uji hipotesis (uji t) pada taraf signifikansi = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post test kelas eksperimen sebesar 83,02 dan kelas control sebesar 80,10 dengan perbedaan hasil belajar sebesar 2,29. Dari hasil pengujian hipotesis (uji t) diperoleh thitung (2,721 > ttabel (1,985) pada taraf signifikansi = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 94, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dan metode konvensional pada materi sistem pernapasan manusia kelas XI SMA Swasta Kartika I-4 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2021/2022. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dan metode konvensional pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI SMA Swasta Kartika I-4 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2021/2022