Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Bandar Pulau Tahun Ajaran 2021/2022
Keywords:
Pengaruh, Lembar Kerja Siswa (LKS)Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Bandar Pulau Tahun Ajaran 2021/2022. Jumlah populasi dari keseluruhan siswa kelas XI adalah 113 orang siswa terdiri dari empat kelas dan dengan jumlah sampel 50 orang siswa (2 kelas) diambil secara acak dengan purposive sampling.Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pre-test dan post-test untuk megetahui hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Pulau. Dari hasil pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh |thitung| = 11,163. Sedangkan ttabel untuk df = 24, dengan taraf signifikansi α = 0,05 adalah 2,064. Jadi dapat disimpulkan bahwa |thitung| > ttabel, yakni 11,163 > 2,064, maka dapat ditarik kesimpulan Ha diterima, H0 ditolak. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan Lembar Kerja Siswa [terhadap hasil belajar biologi siswa. Berdasarkan hasil uji Independent Sample Test dengan membandingkan nilai post-test dari kedua kelas, didapat nilai signifikansinya = 0,000 < 0.05. hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Lembar Kerja Siswa sebagai media belajar terhadap hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai media belajar. Adapun besar beda nilai keduannya dapat dilihat dari ratarata kedua nilai post-test. Pada hasil uji didapat bahwa rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 79,00 sedangkan rata-rata nilai post-test kelas kontrol sebesar 61,60. Adapun besar beda rata-rata nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sebesar 17,40.