Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example dan Picture And Picture Pada Materi Sistem Pernapasan Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan
Keywords:
: Perbandingan, Example Non Example, Picture and Picture, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini tentang Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example dan Picture And Picture Pada Materi Sistem Pernapasan Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa dalam mempelajari sistem pernapasan dengan menggunakan model Example Non Example dan Picture And Picture,serta untuk mengetahui besarnya perbedaan hasil belajar siswa dalam mempelajari sistem pernapasan dengan model Example Non Example dan Picture And Picture. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Dolok Panribuan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 179 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini dikelompokkan atas dua kelas yaitu kelas VIII-2 sebagai (kelas eksperimen I) adalah dengan menggunakan model pembelajaran example non example dan kelas VIII-5 sebagai (kelas eksperimen II) adalah dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture Analisis data dilakukan dengan menghitung rata-rata skor, Standar Deviasi dan hipotesis diuji dengan statistik t atau uji t pada taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, jumlah nilai pre-test dan pos-test untuk kelas eksperimen I adalah 1350 dan 2670 sedangkan nilai rata-ratanya adalah 42,18 dan 83,43. Pada kelas eksperimen II jumlah nilai pre-test dan pos-test untuk kelas eksperimen II adalah 1470 dan 2485 sedangkan nilai rata-ratanya adalah 45,93 dan 77,65. Jika dibandingkan nilai rata-rata postest kelas eksperimen I (83,43) dengan kelas eksperimen II (77,65.) diperoleh perbedaan hasil belajar siswa sebesar 5,78 dimana hasil belajar kelas eksperimen I dengan model Example Non Example lebih tinggi dari hasil belajar kelas eksperimen II dengan model pembelajaran Picture and Picture Hasil pengujian hipotesis menggunakan “uji t” pada taraf signifikansi α = 0,05 dan (dk) = 58 diperoleh thitung (2,50> t-tabel (1,99) maka Ho ditolak, Ha diterima artinya ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example
dan Picture and picture pada materi sistem spernapasan di kelas VIII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan Tahun pelajaran 2019/2020