ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN QUASI EKSPERIMEN DESIGN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP aNEGERI 1 JORLANG HATARAN

Authors

  • Ika Rosenta Purba Universitas Simalungun Author

Keywords:

Model Problem Based Learning (PBL), hasil belajar IPA, quasi eksperimen

Abstract

Model Problem Based Learning (PBL) atau dapat diartikan sebagai pembelajaran berbasis masalah sangat perlu diterapkan di kelas-kelas pada mata pelajaran IPA di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), mengingat model pembelajaran tersebut dapat  meningkatkan kemampuan berpikir siswa, dapat menanamkan nilai-nilai karakter pribadi dan sosial, terutama prestasi belajar melalui peningkatan hasil belajar siswa. Terbukti dalam penelitian ini model PBL menunjukkan nilai rata-rata post tes yang tinggi (8,04) di banding kelas kontrol yang tidak menerapkan model PBL (6,87), dimana ada perbedaan nilai sebesar 1,17.

Downloads

Published

2021-04-10