ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN QUASI EKSPERIMEN DESIGN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP aNEGERI 1 JORLANG HATARAN

Authors

  • Ika Rosenta Purba Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/7d91av62

Keywords:

Model Problem Based Learning (PBL), hasil belajar IPA, quasi eksperimen

Abstract

Model Problem Based Learning (PBL) atau dapat diartikan sebagai pembelajaran berbasis masalah sangat perlu diterapkan di kelas-kelas pada mata pelajaran IPA di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), mengingat model pembelajaran tersebut dapat  meningkatkan kemampuan berpikir siswa, dapat menanamkan nilai-nilai karakter pribadi dan sosial, terutama prestasi belajar melalui peningkatan hasil belajar siswa. Terbukti dalam penelitian ini model PBL menunjukkan nilai rata-rata post tes yang tinggi (8,04) di banding kelas kontrol yang tidak menerapkan model PBL (6,87), dimana ada perbedaan nilai sebesar 1,17.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-10

How to Cite

ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN QUASI EKSPERIMEN DESIGN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP aNEGERI 1 JORLANG HATARAN. (2021). Jurnal Metabio, 3(1), 26-34. https://doi.org/10.36985/7d91av62

Similar Articles

1-10 of 61

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>