Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Word Square Dan Group Investigation Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas VIII SMP Taman Siswa Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2020/2021
Keywords:
Word Square, Group Investigation, hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square dan Group Investigation pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Taman Siswa Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Taman Siswa Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 6 kelas sebanyak 215 siswa dan sampel sebanyak 64 orang yakni kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen I dan VIII-2 sebagai kelas eksperimen II. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh diperoleh thitung (6,55) > ttabel (1,99), pada taraf signifikansi α = 0,05 dan derajat kebebasan = 62, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square dan Group Investigation pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Taman Siswa Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2020/2021. Disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Taman Siswa Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2020/2021 lebih baik di bandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation.