Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Siswa bagi Guru di SMP YPK Pematangsiantar

Authors

  • Krissi Wahyuni Saragih Prodi PKN Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Simalungun
  • Sulfansa Almiza Prodi PKN Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Simalungun
  • Luska Roito Sirait Prodi PKN Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Simalungun
  • Idrus Agustin Prodi PKN Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jpmsm.v4i1.1246

Keywords:

Media, Pembelajaran, Tehnik

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertajuk "Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Siswa bagi Guru SMP YPK Pematangsiantar" bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Kegiatan ini melibatkan mitra yaitu guru dan siswa SMP YPK Pematangsiantar. Kegiatan ini menggunakan metode pelatihan. Kegiatan diawali dengan kunjungan awal untuk menganalisis situasi dan kebutuhan para guru di lokasi. Dari hasil kunjungan disepakati bahwa kegiatan ini difokuskan pada peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran sesuai kebutuhan siswa. Kegiatan ini mengadakan empat kali pertemuan. Monitoring dan penilaian untuk menindaklanjuti hasil kegiatan PkM dilakukan di akhir kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, guru mampu memahami dan mengimplementasikan teori dan teknik pengembangan media pembelajaran berdasarkan kebutuhan siswa.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Saragih, K. W., Sulfansa Almiza, Sirait, L. R., & Idrus Agustin. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Siswa bagi Guru di SMP YPK Pematangsiantar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 4(1), 85–88. https://doi.org/10.36985/jpmsm.v4i1.1246