Perspektif Kepuasan Pelanggan PT. Arrazi Ghirah Medika: Peran Fundamental Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Dalam Mewujudkannya

Authors

  • Widya Raudhatul Hikmah Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Nusa Mandiri
  • Jessica Aurelia Wijaya Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Nusa Mandiri
  • Azzahra Aulia Hidayah Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Nusa Mandiri
  • Raka Anugrah Syaputra Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Nusa Mandiri
  • Muhammad Abdullah Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36985/manajemen.v6i1.1149

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Dalam industri pelayanan kesehatan saat ini persaingan sudah sangat kompetitif, penting bagi perusahaan seperti PT. Arrazi Ghirah Medika untuk memastikan kepuasan pelanggan dengan produk berkualitas tinggi dan pelayanan prima. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Arrazi Ghirah Medika, dengan harapan memberikan wawasan bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan mereka guna memastikan kepuasan pelanggan yang lebih baik di masa mendatang. Penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan pendekatan simple random sampling untuk mengambil sampel yang berjumlah 113 orang responden dari populasi konsumen PT. Arrazi Ghirah Medika selama periode Oktober hingga November 2023. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner menggunakan platform Google Forms dengan skala likert dari 1 hingga 5. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif yang menggunakan pendekatan positivisme filosofis, dimana analisis statistik digunakan untuk menguji hipotesis yang berkaitan dengan hubungan sebab-akibat antara kualitas produk, kualitas pelayanan, dan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki dampak signifikan terhadap kepuasan pelanggan, baik secara parsial maupun simultan. Temuan dalam riset ini juga menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar pelanggan puas dan rela merekomendasikan produk dan layanan dari PT. Arrazi Ghirah Medika masih ada masalah yang belum teratasi sepenuhnya seperti keandalan dari kualitas produk maupun keandalan dari kualitas pelayanan, sehingga disarankan agar manajemen terus meningkatkan keandalan produk dengan peningkatan manfaat dari produk dan kualitas layanan seperti keandalan peralatan medis dan teknologi yang digunakan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan potensi pembelian di masa mendatang

Downloads

Published

2024-05-02

How to Cite

Widya Raudhatul Hikmah, Jessica Aurelia Wijaya, Azzahra Aulia Hidayah, Raka Anugrah Syaputra, & Muhammad Abdullah. (2024). Perspektif Kepuasan Pelanggan PT. Arrazi Ghirah Medika: Peran Fundamental Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Dalam Mewujudkannya. Manajemen : Jurnal Ekonomi, 6(1), 42–54. https://doi.org/10.36985/manajemen.v6i1.1149