Analisis Kualitas Pelayanan Farmasi Di Lingkungan Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung : Studi Kasus Terhadap Kepuasan Pasien

Authors

  • Azzahra Fauziah Program Studi Manajemen, Universitas Teknologi Digital Bandung
  • Harry Nugraha Program Studi Manajemen, Universitas Teknologi Digital Bandung

DOI:

https://doi.org/10.36985/manajemen.v6i1.1165

Keywords:

Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Kefarmasian Rumah Sakit

Abstract

Pelayanan kefarmasian yang efektif berfokus pada proses pengobatanuntuk menjamin penggunaan obat yang aman, efektif, dan masuk akal. Pelayanan ini mencakup penerapan ilmu pengetahuan dan fungsinya dalam membantu pasien.Paradigma lama yang berpusat pada pasien harus diubah karena kebutuhan masyarakat dan pasien untuk pelayanan medis yang baik. Paradigma lama yang berpusat pada pasien harus diubah karena kebutuhan masyarakat dan pasien untuk pelayanan medis yang baik.Tanggapan pasien terhadap setiap layanan rumah sakit menentukan kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk menentukan tingkat kepuasan pasien dengan layanan. Studi ini bertujuan guna mengevaluasi tingkat kepuasan pasien atas layanan yang diberikan oleh Unit Farmasi RS Muhammadiyah Bandung. Studi ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif, yang mendeskripsikan suatu keadaan dalam komunikasi atau situasi sosial. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket kepada 30 responden yang sedang menunggu obatnya di apotek Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh rata-rata penilaian sebesar 4,07 dan termasuk dalam kategori “Baik”. Artinya rata-rata pasien  menganggap puas atas kualitas layanan pada fasilitas farmasi RS Muhammadiyah Bandung

Downloads

Published

2024-05-02

How to Cite

Fauziah, A., & Nugraha, H. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Farmasi Di Lingkungan Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung : Studi Kasus Terhadap Kepuasan Pasien. Manajemen : Jurnal Ekonomi, 6(1), 107–118. https://doi.org/10.36985/manajemen.v6i1.1165