Analisis Citra Merek, Kualitas Poduk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Galan Di PT. Gawih Jaya Pematangsiantar

Authors

  • Tuahman Sipayung Universitas Simalungun ( USI )
  • Rizki Fahrizal Universitas Simalungun ( USI )

DOI:

https://doi.org/10.36985/manajemen.v3i2.126

Keywords:

Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian rokok Galan. Data penelitian yang digunakan data kuantitatif yaitu bersumber dari pembagian kuesioner dan data konsumen rokok Galan, adapun sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua populasi digunakan sebagai sampel. Sehingga dalam penelitian ini jumlah seluruh populasi yaitu konsumen rokok Galan yang melakukan pembelian pada hari penelitian pembagian kuesioner digunakan sebagai sampel dengan jumlah 55 responden. Data kualitatif yang ditransformasikan menjadi data kuantitatif dengan menggunakan skala likert dan dioperasikan menggunakan SPSS versi 25.Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah studi dokumentasi dan studi kepustakaan dengan pengujian kualitas data, uji asumsi klasik, uji hipotesa, regresi linear berganda dan uji determinasi. Dari hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi bergandaY = 4.114 + 0.487X1 + 0.211X2+ 0.455X3 menunjukkan bahwa citra merek, kualitas produk dan harga mempunyai hasil yang positif untuk meningkatkan keputusan konsumen dalam pembelian rokok Galan dan memberih pengaruh yang signifikan yang ditunjukkan dari citra merek nilai thitung sebesar  (5.221)>ttabel (2.006) dan nilai signifikan (0,000<0,005), kualitas produk dengan nilai thitung(2.118) >ttabel(2,006) dan nilai signifikan (0,039 < 0,05), dan harga dengan nilai thitung(3,455) >ttabel(2,006) dan nilai signifikan (0,001 < 0,05)  maka Ho ditolak dan Ha diterima. Secara simultan berpengaruh yang signifikan antara citra merek, kualitas produk dan harga dalam me, hal ini ditunjukkan dari Fhitung 67.145 > Ftabel2.773 dan tingkat signifikansinya 0,000<0,05. Dengan determinasi nilai Adjusted R square diperoleh besarnya hasil citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian rokok Galan  sebesar 78,60% dan 21,40% dapat dihasilkan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen, produsen rokok Galan melalui PT. Gawih Jaya sebagai distributor anak cabang PT. Wismilak sebaiknya memberikan varian dari rokok Galan melalui pilihan kemasan besar 16 (enam belas) batang dan kecil 12 (dua belas) batang sehingga konsumen dalam memutuskan pembelian ada pilihan yang tentunya disesuaikan dengan daya beli konsumen

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Sipayung, T., & Rizki Fahrizal. (2021). Analisis Citra Merek, Kualitas Poduk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Galan Di PT. Gawih Jaya Pematangsiantar. Manajemen : Jurnal Ekonomi, 3(2), 166–186. https://doi.org/10.36985/manajemen.v3i2.126