Pengaruh Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Toko Sepatu Clinton Balige

Authors

  • Winda Maria Baretha Simanjuntak Fakultas Ekonomi, Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli
  • Ester Mawar Siagian Fakultas Ekonomi, Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli
  • Hotlin Siregar Fakultas Ekonomi, Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli

DOI:

https://doi.org/10.36985/manajemen.v5i2.806

Keywords:

Keragaman Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Toko Sepatu Clinton di Balige adalah jenis usaha di bidang penjualan produk Sepatu dan melakukan pengembangan usaha berbagai jenis tas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keragaman produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen sehingga mampu meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dengan pemilik toko UD. Toko Sepatu Clinton Balige serta menyebarkan kuesioner dan melakukan observasi (pengamatan) terhadap 98 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling dari berbagai kalangan usia dan pekerjaan dengan kriteria sudah pernah membeli produk lebih dari satu jenis produk dan telah melakukan pembelian lebih dari 2 kali. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 25.0. Metode analisis data  yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis korelasi sederhana, analisis koefisien determinasi, analisis regresi linear sederhana, dan uji signifikansi koefisien korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keragaman produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dimana, korelasi keragaman produk terhadap keputusan pembelian sebesar 0,775 dengan kategori kuat. Nilai R Square yang dihasilkan untuk pengaruh keragaman produk terhadap keputusan pembelian sebesar 0,570 (57%) dan sisanya 0,430 (43%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya seperti harga, kualitas, dan material bahan produk. Hasil uji regresi sederhana yang diperoleh adalah Y= 11,165 + 0,665X, dengan nilai rhitung>rtabel (0,755 > 0,260) artinya terdapat hubungan yang signifikan antara keragaman produk (X) dengan keputusan pembelian (Y). Uji signifikan Parsial atau Individual menghasilkan thitung>ttabel (11,282 > 1,984) dengan kriteria hipotesis yang dihasilkan menolak H0 dan menerima H1 yang artinya, variabel keragaman produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, maka hipotesis diterima. Sehingga, hipotesis penelitian dapat diterima karena terbukti keragaman produk dapat mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen.

Downloads

Published

2023-11-22

How to Cite

Simanjuntak, W. M. B., Siagian, E. M., & Siregar, H. (2023). Pengaruh Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Toko Sepatu Clinton Balige. Manajemen : Jurnal Ekonomi, 5(2), 65–73. https://doi.org/10.36985/manajemen.v5i2.806