Peran Financial Literacy Dan Herding Dalam Keputusan Investasi Generasi Z

Authors

  • Ni Putu Intan Bidari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Kadek Sinarwati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.36985/manajemen.v5i2.850

Keywords:

Generasi Z, Literasi Keuangan, Herding

Abstract

Meningkatnya jumlah investor muda yang berasal dari Generasi Z di pasar modal pada tahun 2023 menjadi salah satu indikator penting yang menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan di Indonesia meningkat. Literasi keuanganmerupakan kemampuan dan pengetahuan individu dalam merencanakan, membuat strategi, dan mengelola keuangan. Generasi Z mendapatkan banyak privilege dalam mengakses berbagai informasi termasuk informasi keuangan dan investasi. Namun kemudahan akses informasi ini juga mungkin menimbulkan bias perilaku herding dimanainvestor cenderung mengikuti pola investasi yang dilakukan investor lain. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang bertujuan untuk mendeskripsikan peran financial literacy dan herding dalam pengambilan keputusan investasi oleh Generasi Z. Data didapatkan dari artikel yang dipublikasi oleh jurnal - jurnal yang kredibel seperti ResearchGate, Elsvier, dan ScienceDirect. Berdasarkan literatur yang dikaji di dalam penelitian ini, ditemukan bahwa walaupun Generasi Z sudah memiliki tingkat literasi keuangan yang cukup, mereka tetap merasa ragu untuk berinvestasi. Hal ini terkait pendapatan yang masih kurang secara jumlah dan juga stabilitas. Penelitian ini juga menemukan bahwa, walaupun Generasi Z mendapatkan pengaruh dari influencer yang mereka ikuti di media sosial, tapi mereka tidak menggunakan hal tersebut sebagai satu - satunya pertimbangan dalam membuat keputusan investasi. Oleh karena itu, investor disarankan untuk selalu melakukan analisis terhadap informasi keuangan yang mereka dapatkan dari internet

Downloads

Published

2023-11-22

How to Cite

Ni Putu Intan Bidari, & Ni Kadek Sinarwati. (2023). Peran Financial Literacy Dan Herding Dalam Keputusan Investasi Generasi Z. Manajemen : Jurnal Ekonomi, 5(2), 146–152. https://doi.org/10.36985/manajemen.v5i2.850