Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan Tahun Pelajaran 2019/2020

The Effect of Using Problem-Based Learning Models on Results Student Learning on Environmental Pollution Material for Class VII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan Academic Year 2019/2020

Authors

  • Ayu Lestari Sinaga SMPTK Mentari Pahae Julu
  • Irwan Lihardo Hulu Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jmo.v3i1.28

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Pencemaran Lingkungan

Abstract

Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap hasil belajar IPA siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan posttest only control design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan yang terdiri dari 66 siswa. instrument penelitian berupa tes yang dibedakan menjadi Pre - test (diberikan sebelum pembelajaran) dan Post - test ( diberikan setelah pembelajaran dengan perlakuan yang berbeda). Pre - test dan Post - test yang dilakukan dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Setiap jawaban yang benar diberi skor 5 dan yang salah diberikan skor 0. Dengan demikian rentang skor adalah 0 - 100. Teknik prasyarat uji analisis data yang dilakukan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, selanjutnya data dianalisis dengan cara menghitung rata - rata skor (mean) dan besaran dari standart deviasi (S). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Jumlah nilai post-test kelas eksperimen 3155 dengan nilai rata-rata adalah 95.60, dan jumlah nilai post - test kelas kontrol adalah 3050 dengan nilai rata - rata hasil belajar adalah 92.61 dengan selisih nilai sebesar 3.19. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, pada uji t, diperoleh thitung =2.13 dan pada taraf nyata ɑ = 0.05 dan df = 32 diperoleh ttabel = 2.03. Jadi, thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPA siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil dari uji korelasi model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan tahun pelajaran 2019/2020.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Sinaga, A. L., & Hulu, I. L. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan Tahun Pelajaran 2019/2020: The Effect of Using Problem-Based Learning Models on Results Student Learning on Environmental Pollution Material for Class VII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan Academic Year 2019/2020. MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik), 3(1), 20–25. https://doi.org/10.36985/jmo.v3i1.28

Issue

Section

Articles