Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 2 Bandar Tahun Pelajaran 2020/2021

The Influence of the Group Investigation Learning Model on Student Learning Outcomes On Environmental Pollution Materials in Class X SMA Negeri 2 Bandar Academic Year 2020/2021

Authors

  • Polemon Hutagaol Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jmo.v3i1.31

Keywords:

Model Pembelajaran, Group Investigation, hasil belajar, Animalia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 2 Bandar Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-test, post-test. Jumlah populasi sebanyak 252 orang dan jumlah sampel sebanyak 62 orang siswa (Cluster Random Sampling). Analisis data dilakukan dengan cara mencari rata - rata skor dan standart deviasi, dan hipotesis diuji dengan statistik t atau uji t pada taraf signifikansi α= 0,05. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung (3,12) > ttabel (2,00), maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 2 Bandar Tahun Pelajaran 2020/2021

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Hutagaol, P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 2 Bandar Tahun Pelajaran 2020/2021: The Influence of the Group Investigation Learning Model on Student Learning Outcomes On Environmental Pollution Materials in Class X SMA Negeri 2 Bandar Academic Year 2020/2021. MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik), 3(1), 40–45. https://doi.org/10.36985/jmo.v3i1.31

Issue

Section

Articles