Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Studi Kasus Pada Materi Pencemaran Lingkungan
Comparison of Student Learning Outcomes Using the Case Study Method on Environmental Pollution Material
DOI:
https://doi.org/10.36985/jmo.v3i1.327Keywords:
Perbandingan Hasil Belajar, Metode Studi Kasus, Pencemaran LingkunganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode studi kasus pada materi pencemaran lingkungan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, dimana kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan instrument pre test – post test pada seri pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol sebesar 0,59. Dari pengujian hipotesis diperoleh t- hitung (2,45) > t-tabel (2,00), maka Ha diterima dan Ho ditolak dimana perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode studi kasus pada materi pencemaran lingkungan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Muhammad Komarul Huda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.