Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Studi Kasus Pada Materi Pencemaran Lingkungan

Comparison of Student Learning Outcomes Using the Case Study Method on Environmental Pollution Material

Authors

  • Muhammad Komarul Huda Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jmo.v3i1.327

Keywords:

Perbandingan Hasil Belajar, Metode Studi Kasus, Pencemaran Lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode studi kasus pada materi pencemaran lingkungan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, dimana kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan instrument pre test – post test pada seri pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol sebesar 0,59. Dari pengujian hipotesis diperoleh t- hitung (2,45) > t-tabel (2,00), maka Ha diterima dan Ho ditolak dimana perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode studi kasus pada materi pencemaran lingkungan.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Komarul Huda, M. . (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Studi Kasus Pada Materi Pencemaran Lingkungan: Comparison of Student Learning Outcomes Using the Case Study Method on Environmental Pollution Material. MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik), 3(1), 40–47. https://doi.org/10.36985/jmo.v3i1.327

Issue

Section

Articles