https://jurnal.usi.ac.id/index.php/moralita/issue/feed Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2024-03-01T17:47:11+07:00 Sariaman Gultom sariamangultom1966@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan </strong>diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Simalungun Pematangsiantar. Jurnal ini sebagai media informasi dan publikasi hasil penelitian, perkembangan teoritis, dan karya ilmiah mengenai pendidikan, pancasila dan kewarganegaraan, hukum, sosial politik dan pembelajarannya, khususnya pada bidang Pancasila dan Kewarganegaraan.</p> <p>Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan <strong>April</strong> dan <strong>Oktober</strong>.</p> https://jurnal.usi.ac.id/index.php/moralita/article/view/1012 Strategi Guru Dalam Penanaman Sikap Toleransi Melalui Pembelajaran Di Smk Bina Guna Tanah Jawa Kabupaten Simalungun Tahun Pelajaran 2021/2022 2023-12-01T23:57:27+07:00 Sariaman Gultom sariamangultom1966@gmail.com Rony Andre Ch. Naldo sariamangultom1966@gmail.com Krissi Wahyuni Saragih sariamangultom1966@gmail.com Christian D Hermes sariamangultom1966@gmail.com Boywan Zalukhu sariamangultom1966@gmail.com <p style="text-align: justify;">Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam menanamkan sikap toleransi pada siswa, untuk mengetahui bagaimana kendala guru dalam menanamkan sikap toleransi pada siswa, untuk mengetahui solusi dalam mengatasi kendala guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan conclusion atau verisifikasi data/menarik kesimpulan.Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kendala guru dalam menanamkan&nbsp; sikap toleransi pada siswa yaitu pada saat kegiatan pendahuluan dan pada saat diskusi kurangnya alokasi waktu, masih ada sebagian kecil siswa yang tidak taat dengan peraturan yang telah di tetapkan. Begitu juga dengan kegiatan yang dilakukan diluar kelas siswa kadang menaati peraturan yang ada seperti tidak memakai dasi, topi, dan perlengkapan lainnya pada saat penaikan bendera merah putih setiap hari senin-Nya. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut adalah menanamkan dan melakukan pendekatan-pendekatan bagi anak yang kurang mentaati peraturan sekolah, dan lebih menekankan pemahaman kepada anak tentang perbedaan. Strategi yang dilakukan untuk menanamkan toleransi adalah guru memberi pemahaman kepada siswa tentang materi toleransi, guru memberikan contoh menghormati dan menghargai sesama teman maupun beda angkatan tanpa memandang usia, agama, dan budaya, membina sikap gotong royong (kompak) dan hidup rukun serta damai baik didalam maupun luar kelas</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Sariaman Gultom, Rony Andre Ch. Naldo , Krissi Wahyuni Saragih, Christian D Hermes, Boywan Zalukhu https://jurnal.usi.ac.id/index.php/moralita/article/view/1013 Efektivitas Kantor Desa Nagori Buntu Turunan Dalam Memajukan Kegiatan Desa Selama Pendemi Covid -19 2023-12-02T00:49:58+07:00 Imman Yusuf Sitinjak immanjoes@gmail.com Sariaman Gultom immanjoes@gmail.com Humala Sitinjak immanjoes@gmail.com Rosita Nainggolan immanjoes@gmail.com Nenny Wida Simaremare immanjoes@gmail.com <p style="text-align: justify;">Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan Kantor Desa&nbsp; dalam&nbsp; memajukan&nbsp; kegiatan Desa Nagori Buntu Turunan Selama Pendemi Covid-19. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi Kantor Desa dalam memajukan kegiatan Desa Nagori Buntu dan mengetahui&nbsp; cara penyelesaian kendala yang dihadapi dalam memajukan kegiatan Desa Nagori Buntu Turunan Selama Pendemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan conclusion atau verisifikasi data/menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Begitupun di Desa Nagori Buntu Turunan yang mengharapkan adanya perubahan yang lebih baik untuk kepentingan bersama. Oleh karena itu desa buntu turunan melakukan berbagai kegiatan&nbsp; dengan tujuan yang lebih baik yang dapat mensejahterakan masyarakat desa buntu turunan. Akan tetapi dari setiap kegiatan yang dilaksanakan ada kendala yang ditemukan yaitu antusias warga kurang dalam setiap kegiatan desa. Pihak kantor desa mengupayakan agar setiap warga ikut turut berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang diprogramkan</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Imman Yusuf Sitinjak, Sariaman Gultom, Humala Sitinjak, Rosita Nainggolan, Nenny Wida Simaremare https://jurnal.usi.ac.id/index.php/moralita/article/view/1014 Upaya Menanamkan Nilai Nasionalisme Dan Patriotisme Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Di Kelas VII SMP Al - Washliyah 40 Bahapal Kecamatan Bandar Huluan Kabupaten Simalungun Tahun Pelajaran 2021/2022 2023-12-02T01:17:02+07:00 Krissi Wahyuni Saragih yunisaragih2019@gmail.com Christian Daniel Hermes yunisaragih2019@gmail.com Humala Sitinjak yunisaragih2019@gmail.com Rosita Nainggolan yunisaragih2019@gmail.com Icha Iga Agista yunisaragih2019@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui upaya menanamkan nilai Nasionalisme dan Patriotisme untuk meningkatkan karakter siswa melalui pembelajaran di kelas VII Smp Swasta Al-Washliyah 40 Bahapal Kecamatan Bandar Huluan&nbsp; Kabupaten Simalungun Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verisifikasi data/menarik kesimpulan. Upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan nilai Nasionalisme dan Patriotisme untuk meningkatkan karakter siswa dimana pemikiran siswa yang sudah tidak memperdulikan lagi rasa heroik dan loyalitas kepada Negara dan kurangnya rasa peduli terhadap lingkungan sekolahnya, serta didikan orang tua yang mempengaruhi perilaku dan sikap siswa, siswa menganggap bahwa nilai-nilai yang terdapat dalam nasionalisme dan patriotisme sudah tidak zaman lagi untuk dibicarakan dan dilaksanakan di lingkungan sekolah maupun masyarakat</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Krissi Wahyuni Saragih, Christian Daniel Hermes, Humala Sitinjak, Rosita Nainggolan, Icha Iga Agista https://jurnal.usi.ac.id/index.php/moralita/article/view/1015 Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan PPKN Melalui Program Asistensi Mengajar Di SMP Swasta Binaguna Tanah Jawa Kabupaten Simalungun T.P 2021.2022 2023-12-02T01:52:25+07:00 Mariah S M Purba mariapurba132019@gmail.com Imman Yusuf Sitinjak mariapurba132019@gmail.com Jumpa Ukur mariapurba132019@gmail.com Rony Andre CH Naldo mariapurba132019@gmail.com Suandy Predy Saputra Rumahorbo mariapurba132019@gmail.com <p style="text-align: justify;">Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pendidikan PPKN di SMP Swasta Bina Guna Tanah jawa Kabupaten Simalungun dan untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan PPKN di SMP Swasta Bina Guna Tanah Jawa Kabupaten Simalungun T.P 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verisifikasi data/menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kualitas pendidikan PPKN di SMP Swasta Bina Guna Tanah jawa Kabupaten simalungun sudah cukup baik sehingga tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan PPKN dapat berjalan sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional. Pendidikan kewarganegaraan pada dasarnya ujung tombak untuk membangun karakter bangsa tentunya dengan kolaborasi antara Guru dan Mahasiswa yang melaksanakan program Asistensi mengajar untuk meningkatkan kualitas Pendidikan PPKN, dengan demikian maka dapat menghasilan pembelajaran berkualitas dengan membimbing peserta didik yang mampu berdaya saing tinggi baik di tingkat nasional maupun internasional. Upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan PPKN di SMP Swasta Bina Guna dengan menggunakan seluruh sarana dan prasarana yang tersedia untuk menumbuhkan minat belajar yang tinggi diantara peserta didik</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Mariah S M Purba, Imman Yusuf Sitinjak, Jumpa Ukur, Rony Andre CH Naldo, Suandy Predy Saputra Rumahorbo https://jurnal.usi.ac.id/index.php/moralita/article/view/1016 Peranan Tata Tertib Sekolah Sebagai Sarana Pendidikan Moral Untuk Disiplin Peserta Didik Di SMP Negeri 13 Pematangsiantar T.P. 2021/2022 2023-12-02T02:17:23+07:00 Imman Yusuf Sitinjak immanjoes@gmail.com Sariaman Gultom immanjoes@gmail.com Jumpa Ukur immanjoes@gmail.com Krissi Wahyuni immanjoes@gmail.com Dewi Rabiah immanjoes@gmail.com <p style="text-align: justify;">Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tata tertib sekolah, bagaimana Peranan Tata Tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa, serta apakah Guru pendidikan pancasila berperan penting dalam mendidik moral dan menanamkan kedisplinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan conclusion atau verisifikasi data/menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Penerapan tata tertib menjadi poin aturan yang menertibkan siswa di sekolah. Sedangkan peran guru sebagai pengawas, guru mengawasi siswa untuk meyakinkan bahwa semua peraturan tata tertib sekolah dapat terlaksana dengan baik dan dipatuhi oleh siswa. Mengawasi semua kegiatan atau tindakan siswa terutama di lingkungan sekolah</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Imman Yusuf Sitinjak, Sariaman Gultom, Jumpa Ukur, Krissi Wahyuni, Dewi Rabiah https://jurnal.usi.ac.id/index.php/moralita/article/view/1090 Analisis Yuridis Peranan Pimpinan Di Pemerintahan Terhadap Tindak Pidana Pungutan Liar Atau Pungli Ditinjau Dari Uu No.31 Tahun 1999 Sebagaimana Yang Telah Diubah Dengan Uu No.20 Tahun 2001 Tentang Korupsi (Tinjauan Kasus Nomor: 61/Pid.Sus/2019/ PN-Mdn) 2024-03-01T17:47:11+07:00 Netty Mewahaty Simbolon nettysimbolon@gmail.com <p style="text-align: justify;">Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan pimpinan pemerintahan dalam melakukan tindak pidana pungutan liar atau pungli. Salah satu tindak pidana korupsi yang terjadi lingkungan pemerintahan baik itu provinsi, kabupaten dan kota adalah tindak pidana pungli atau pungutan liar yang secara hukum di atur dalam UU No.31 Tahun 1999 sebagaimana yang telah diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 tentang Korupsi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian penelitian empiris dan penelitian tinjauan literature (library research) yaitu penelitian yang didasarkan pada pendekatan Undang-undang dan literatur hukum (Putusan Pengadilan). Korupsi merupakan kejahatan yang dilakukan dengan penuh kehati-hatian sehingga pengungkapan kasus korupsi hanya dapat diungkap jika ada laporan atau pengaduan dari masyarakat. Tindak pidana korupsi yang terjadi di lingkungan pemerintahan dapat terjadi karena adanya koloborasi/ kerjasama&nbsp; antara atasan dan bawahan, yang mana perintah pimpinan harus dilaksanakan, dan jika tidak dilaksanakan akan dinonjobkan secara jabatan</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Netty Mewahaty Simbolon