PENERAPAN PERATURAN SEKOLAH UNTUK MEMBANGUN DISIPLIN SISWA DI SMP N 5 PEMATANG SIANTAR
DOI:
https://doi.org/10.36985/9g7r5k85Kata Kunci:
Penerapan Peraturan, Ketertiban, DisiplinAbstrak
Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang: 1) Penerapan peraturan sekolah di SMP N 5 Pematang Siantar; 2) Siswa disiplin di SMP N 5 Pematang Siantar; 3) Strategi penerapan peraturan sekolah dalam rangka membangun kedisiplinan siswa di SMP N 5 Pematang Siantar. Penelitian ini bersifat kualitatif-deskriptif. Dimana pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan peninjauan dokumen. Analisis data melalui tahap reduksi, tampilan, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan peraturan sekolah merupakan langkah strategis yang dilakukan sebagai pedoman bagi warga sekolah dalam berperilaku di lingkungan sekolah; 2) Kedisiplinan siswa di SMP N 5 Pematang Siantar menunjukkan kecenderungan yang berbeda-beda, disebabkan oleh kondisi lingkungan sekolah dan variasi latar belakang siswa; 3) Strategi penerapan peraturan sekolah dilakukan dengan sosialisasi kepada orang tua siswa dan masyarakat, dengan melibatkan organisasi siswa intra sekolah (OSIS), gerakan pramuka, juga. Mempromosikan asosiasi olahraga mahasiswa
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Natanael Saragih (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.


