Pengaruh Kebijakan Dinas Pendidikan Dan Partisipasi Penerbit Buku Terhadap Pembangunan Pendidikan Di Kabupaten Simalungun

Authors

  • Ramadhan Syahputra Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Simalungun
  • Robert Tua Siregar Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Simalungun
  • Sarintan E Damanik Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Simalungun
  • Marto Silalahi Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jrp.v5i1.687

Keywords:

Kebijakan, Partisipasi, Penerbit Buku, Pembangunan Pendidikan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Kebijakan Dinas Pendidikan dan  Partisipasi Penerbit Buku Terhadap Pembangunan Pendidikan di Kabupaten Simalungun. Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif  dengan memberikan daftar pertanyaan kepada masyarakat yang berada di Kabupaten Simalungun. Yang menjadi sampel sebanyak 100 orang masyarakat yang mewakili, Tehnik analisa data digunakan adalah regresi berganda, serta pengujian, pengolah data dilakukan dengan bantuan program SPSS. Dengan menggunakan uji koefisen determinasi hasil analisis  menunjukkan bahwa Kebijakan Dinas Pendidikan dan Partisipasi Penerbit Buku Terhadap Pembangunan Pendidikan di Kabupaten Simalungun adalah sebesar 0,560 atau 56,0%. Sisanya sebesar 44% yang tidak masuk dalam penelitian ini, Penelitian ini memberikan sumbangan pemikiran dan saran kepada Pemerintah Kabupaten Simalungu bahwa Pembangunan Pendidikan membutuhkan perhatian menyeluruh dari stake holder Kabupaten Simalungun, partisipasi masyarakat dalam memberikan informasi dan saran pendapat akan meningkatkan pembangunan Pendidikan di Kabupaten Simalungun

Downloads

Published

2023-02-20

How to Cite

Ramadhan Syahputra, Siregar, R. T., Damanik, S. E., & Silalahi, M. (2023). Pengaruh Kebijakan Dinas Pendidikan Dan Partisipasi Penerbit Buku Terhadap Pembangunan Pendidikan Di Kabupaten Simalungun . Jurnal Regional Planning, 5(1), 41 –. https://doi.org/10.36985/jrp.v5i1.687

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>