Evaluasi Jalan Rabat Beton baru pada STA 2.000 -STA 3.000 di Jalan Jambuara Nagori Buntu Bayu Kecamatan Hatanduhan Kabupaten Simalungun

Authors

  • H. Asril Nizar Universitas Simalungun
  • Virgo Erlando Purba Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jsl.v1i1.8

Keywords:

Perkerasan Kaku, Rabbat Beton, slump test

Abstract

Jalan merupakan sarana transfortasi utama untuk mencapai suatu tujuan dari tempat satu ke tempat lain bagi setiap lalu lintas yang melewatinya. Oleh karena itu, kondisi jalan sangat berpengaruh bagi keamanan dan keselamatan setiap pengguna jalan.

Plat beton yang kaku dan memiliki modulus elastisitas yang tinggi, akan mendistribusikan beban lalu lintas ke tanah dasar yang melingkupi daerah yang cukup luas. Dengan demikian, bagian terbesar dari kapasitas struktur perkerasan diperoleh dari plat beton itu sendiri. Hal ini berbeda dengan perkerasan lentur dimana kekuatan perkerasan diperoleh dari tebal lapis pondasi bawah, lapis pondasi dan lapis permukaan; dimana masing-masing lapisan memberikan kontribusinya. 

Pengamatan yang dilakukan di jalan Jambuara Nagori Buntu Bayu Kecamatan Hatonduhan Kabupaten Simalungun bertujuan untuk tahapan palaksanaan pembangunan jalan beton. Dalam pembangunan jalan ini menggunakan perkerasan kaku dengan beton siap pakai (Ready Mix).

Downloads

Published

2021-11-23

How to Cite

Nizar, H. A., & Purba, V. E. (2021). Evaluasi Jalan Rabat Beton baru pada STA 2.000 -STA 3.000 di Jalan Jambuara Nagori Buntu Bayu Kecamatan Hatanduhan Kabupaten Simalungun. Jurnal Santeksipil, 1(1). https://doi.org/10.36985/jsl.v1i1.8