https://jurnal.usi.ac.id/index.php/santeksipil/issue/feed Jurnal Santeksipil 2023-11-23T12:10:10+07:00 Dermina R S Damanik dermina.damanik@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Santeksipil </strong>merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Simalungun yang berisikan tentang artikel ilmiah Teknik Sipil. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ini diharapkan dapat menambah khasanah pengetahuan di bidang Teknik Sipil serta menjadikan sarana bagi para profesional baik dari dunia usaha, pendidikan, ataupun peneliti untuk menyebarluaskan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknik Sipil melalui publikasi hasil penelitian.</p> https://jurnal.usi.ac.id/index.php/santeksipil/article/view/902 Evaluasi Pelaksanaan Pekerjaan Timbunan Badan Jalan (Main Road) STA 41+325 – 41+375, Seksi 4 Zona 3, Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Tebing Tinggi – Pematangsiantar Dengan Metode SNI 03 - 6797-2002 (AASHTO M145-91 2004) 2023-11-17T01:56:37+07:00 Deardo S Saragih damero@gmail.com Dermina Damanik damero@gmail.com Novdin M Sianturi damero@gmail.com Asril Nizar damero@gmail.com Gabriel F Damero Siringoringo damero@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penggunaan tanah sebagai bahan bangunan konstruksi banyak digunakan pada proyek pembangunan jalan. Pada pembuatan badan jalan, ada beberapa pilihan yang dapat digunakan untuk lapisan tanah dasar, yaitu tanah galian sebagai tanah dasar, tanah asli sebagai tanah dasar, dan tanah timbunan sebagai tanah dasar. Untuk mengetahui parameter kekuatan dan kepadatan dapat dilakukan langsung di lapangan pada tanah timbunan (subgrade) yang telah dipadatkan dengan melakukan uji Uji DCP (Dynamic Cone Penetrator Test) untuk mendapatkan nilai CBR dan Uji Kepadatan Lapangan (Sandcone Methode) untuk mendapatkan berat kering maksimum (Max Dry Density, MDD) dan kadar air optimum (Optimum Moisture Content, OMC). Sedangkan untuk proses pemadatan pelaksanaan timbunan untuk pekerjaan jalan mengacu pada Pedoman Pekerjaan Tanah untuk Jalan, Divisi 3, PUPR. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Metode pengujian yang digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kepadatan tanah pada pekerjaan timbunan badan jalan (Main Road) Pada Proyek pembangunan Jalan Tol Tebing Tinggi – PematangSiantar. Metode Pelaksanaan pekerjaan timbunan badan jalan (Main Road) pada Proyek pembangunan Jalan Tol Tebing Tinggi – Pematang Siantar. Dengan tujuan penelitian Mengetahui pengujian-pengujian yang dilakukan untuk mendapatkan parameter kekuatan dan kepadatan tanah dasar (subgrade) pada&nbsp; Pelaksanaan Pekerjaan Timbunan Badan Jalan (Main Road) pada Proyek pembangunan Jalan Tol Tebing Tinggi – Pematangsiantar Sta 41+325 – 41+375, Seksi 4 Zona 3. Mengetahui proses tahapan pelaksanaanTimbunan Badan Jalan (Main Road) pada Proyek pembangunan Jalan Tol Tebing Tinggi – Pematang Siantar Sta 41+325 – 41+375, Seksi 4 Zona 3. Dari hasil data pengujian kepadatan lapangan dengan menggunakan Uji Sand Cone diperoleh Max Dry Density (MDD) sebesar 1,440 gr/cm3 dengan nilai Derajat Kepadatan 100%. Dan dari data pengujian kekuatan tanah dengan Uji DCP diperoleh nilai CBR sebesar 8,75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa spesifikasi teknis untuk tanah dasar (subgrade) telah memenuhi syarat sebagai tanah timbunan untuk jalan tol atau jalan bebas hambatan sesuai dengan Pedoman Spesifikasi Pekerjaan Tanah untuk Jalan PUPR 2018. Pelaksanaan pekerjaan tanah untuk jalan, khususnya pada pekerjaan timbunan harus dilakukan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan dengan didukung oleh data-data pengujian yang lengkap agar tercapai kualitas jalan yang direncanakan. Karena kualitas jalan yang baik dapat membantu kelancaran dan keselamatan pengendara ataupun penumpang.</p> 2023-10-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Santeksipil https://jurnal.usi.ac.id/index.php/santeksipil/article/view/903 Analisis Daya Dukung Bored Pile Pada Pembangunan Jembatan Bah Bolon Di Jalan Tol Ruas Serbalawan – Pematangsiantar (STA 57 + 170,655) 2023-11-17T02:06:29+07:00 Asril Nizar egi.p@gmail.com Ira Modifa egi.p@gmail.com M Ade Kurnia Harahap egi.p@gmail.com Rolando Sihombing egi.p@gmail.com Egi Pangestu egi.p@gmail.com <p style="text-align: justify;">Pondasi bored pile adalah teknik membangun pondasi dalam menggunakan bantuan mata bordengan cara mengebor tanah terlebih dahulu, lalu memasang tulangan dan dicor. Pengujian SPT dilakukan untuk mengetahui parameter perlawanan penetrasi lapisan tanah serta daya dukung tanah di lapangan. Didapatkan kapasitas daya dukung yang menggunakan metode Reese and Wrieght pada titik P1 dan P2 yaitu : 557,8 ton dan 353,6 ton. Sedangkan kapasitas daya dukung bored pile yang menggunakan metode Reese and O'Niel pada titik P1 dan P2 yaitu, 577.76 ton dan 365,57. Dimana diperoleh hasil tes PDA dilangan yaitu, 575 ton pada titik P1 dan 339 ton pada titik P2. Berdasarkan analisis dan pembahasan diatas didapatkan hasil, penurunan yang terjadi 0.009 m dan batas penurunan yang diizinkan 0.08 m. Sehingga penurunan yang terjadi masih aman karena penurunan yang terjadi masih dibawah batas penurunan yang diizinkan</p> 2023-10-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Santeksipil https://jurnal.usi.ac.id/index.php/santeksipil/article/view/948 Analisis Dan Pengujian Kuat Tekan Beton K – 225 Pada Proyek Rehabilitasi Kantor Kejaksaan Negeri Pangururan 2023-11-23T12:10:10+07:00 M Ade Kurnia Harahap beneddiktus.r@gmail.com Dermina Damanik beneddiktus.r@gmail.com Rolando Sihombing beneddiktus.r@gmail.com Virgo Erlano Purba beneddiktus.r@gmail.com Mafrandi Beneddiktus Rajagukguk beneddiktus.r@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan merencanakan campuran beton K-225 menurut (SNI 03-2834-2000) serta mengetahui hasil pengujian kuat tekan beton K-225 menurut (SNI 03- 1974-1990). perencanaan campuran beton (Mix Design) dengan Mutu Beton K-225 pada proyek rehabilitasi Kantor Kejaksaan Negeri Pangururan serta melihat pengujian kuat tekan beton (Mix Design) pada Mutu Beton K- 225. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental dan penelitian yang dilakukan di Laboratorium Teknik Sipil-Politeknik Negeri Medan. Metode eksperimental merupakan suatu metode penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan hasil atau data dari variabel - variabel yang diteliti. Berdasarkan grafik hubungan antara kekuatan tekan dengan factor air semen di dapat FAS sebesar 0,63 Nilai FAS maksimum untuk perencanaan ini dibatasi sebesar 0,55 sehingga FAS yang digunakan adalah sebesar 0,55. Agregat kasar yang digunakan adalah jenis batu pecah dengan diameter maksimum 20 mm dan agregat halus jenis alami. Dengan slump rencana sebesar (10 ± 2) cm, maka direncankan memakai air bebas sebanyak 205,00 liter/m3 beton. Berdasarkan nilai FAS yang terkecil dan air bebas maka direncanakan penggunaan semen sebanyak : 575,73 kg/m3. Kapasitas jumlah semen yang digunakan adalah jumlah semen hasil perhitungan, yaitu sebesar 372,73 kg/m3. Karena jumlah semen yang digunakan tidak berubah, maka tidak diperlukan penyesuaian nilai FAS, sehingga nilai FAS tetap sebesar 0,55</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Santeksipil https://jurnal.usi.ac.id/index.php/santeksipil/article/view/945 Analisis Waktu Dan Biaya Berdasarkan Produktivitas Kinerja Pada Pekerjaan Perkerasan Jalan Di Jalan Tol Tebing Tinggi – Pematangsiantar (Zona 2 Ruas Interchange Sinaksak, Sta 2+000 – 2+450) 2023-11-23T11:09:33+07:00 M Ade Kurnia Harahap ricardotwo@gmail.com Deardo S Saragih ricardotwo@gmail.com Novdin M Sianturi ricardotwo@gmail.com Dermina Damanik ricardotwo@gmail.com Ricardo Two April Silalahi ricardotwo@gmail.com <p style="text-align: justify;">Tujuan dari penelitian ini mengetahui produktivitas pembangunan konstruksi jalan tol pekerjaan perkerasan jalan sta 2 + 000 – 2 + 450 serta mengetahui selisih waktu dan biaya pada pelaksanaan pekerjaan berdasarkan perencanaan dengan realisasi dilapangan untuk pembangunan konstruksi jalan tol pekerjaan perkerasan jalan Tol sta 2+000 – 2+450. Langkah awal dalam meneliti adalah menetapkan masalah yang akan dipecahkan. Identifikasi ini dimaksudkan sebagai penegasan batas - batas permasalahan, sehingga cakupan penulisan tidak menyimpang dari tujuan. Permasalahan yang diangkat adalah mencari produktivitas tenaga kerja dan alat kerja pada proyek pembangunan yang sedang berlangsung, yaitu Pembangunan konstruksi jalan tol pekerjaan perkerasan jalan Tol Tebing Tinggi – Pematangsiantar Zona II (Ruas Interchange sta 2+000 – 2+450). Hasil penelitian Total biaya pekerjaan yang direncanakan sama dengan biaya pekerjaan yang dikeluarkan sebesar Rp. 1,579,607,611.00,- (Satu Milyar Lima Ratus Tujuh Puluh Sembilan Juta Enam Ratus Tujuh Enam Ratus Sebelas Rupiah), dikarenakan pembayaran pekerjaan berdasarkan Volume Pekerjaan yang diselesaikan setiap minggu. Pelaksanaan Pekerjaan direncakan selama 36 Hari Kerja (6 Minggu), dan dalam Pelaksanaan Pekerjaan setiap minggu ada beberapa keterlambatan dari yang direncanakan, tetapi dapat diselesaikan sebelum waktu yang ditentukan</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Santeksipil https://jurnal.usi.ac.id/index.php/santeksipil/article/view/946 Analisis Manejemen Proyek Pondasi Bored Pile Pada Pembangunan Jembatan Bahbolon Pada Ruas Jalan Tol Tebing Tinggi – Pematang Siantar Sta 57 + 170 2023-11-23T11:24:24+07:00 Ira Modifa dinarto@gmail.com Deardo S Saragih dinarto@gmail.com Virgo Erlano Purba dinarto@gmail.com Novdin M Sianturi dinarto@gmail.com Dinarto dinarto@gmail.com <p style="text-align: justify;">Tujuan Penelitian menganalisis bagaimanakah produktivitas waktu dan biaya tenaga kerja pada pelaksanaan pekerjaan bore Pile di Sta 57+170. Untuk mengetahui analisa biaya pekerjaan bored pile pada pembangunan jembatan bahbolon pada ruas jalan tol Tebing Tinggi Pematang Siantar, serta untuk mengetahui waktu pekerjaan bored pile pada pembangunan jembatan bahbolon pada ruas jalan tol Tebing Tinggi Pematang Siantar. Adapun permasalahan yang akan timbul dalam pembahasan ini adalah berapa perbedaan biaya pelaksanaan dengan rencana dan berapa lama perbedaan waktu rencana dengan pelaksanaan. Penelitian ini mengelola data yang terkait dengan masalah yang ditinjau. Data - data tersebut berupa data sekunder yang didapat dari tim time control di proyek. Untuk dapat melakukan analisa yang baik memerlukan data - &nbsp;data/informasi yang lengkap dan akurat dan disertai teori dasar yang relevan. Hasil dari penelitian pada pekerjaan galian tanah terjadi penghematan waktu 2 minggu karena adanya penambahan jumlah alat berat untuk mempercepat pekerjaan yang awalnya direncanakan dalam waktu 8 minggu dan terealisasi dalam waktu 6 minggu dengan biaya sebesar Rp. 236.723.710, pada pekerjaan tulangan terealisasi dalam waktu 8 minggu sesuai dengan yang direncanakan dengan biaya sebesar Rp. 2.619.610.300, pada pekerjaan beton terealisasi dalam waktu 8 minggu sesuai dengan yang direncanakan dengan biaya sebesar Rp. 1.690.371.531 dan rencana anggaran biaya pelaksanaan proyek pondasi bored pile pada pembangunan jembatan Bah Bolon sebesar Rp 4,632,565,135.00</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Santeksipil