Kajian Literatur Peran Brand Community Dalam Efektivitas Pemasaran Kosmetik Lokal X Melalui Strategi Amplified Electronic Word Of Mouth
DOI:
https://doi.org/10.36985/gfq7m052Keywords:
Amplified eWOM, Komunitas Merek, Kosmetik Lokal, Strategi PemasaranAbstract
Pertumbuhan merek kosmetik lokal di Indonesia memberikan peluang bagi mereka untuk mengembangkan bisnisnya. Kesadaran masyarakat akan pentingnya kosmetik lokal mendorong industri terkait untuk memproduksi lebih banyak produk skincare dan makeup. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana strategi amplified eWOM diterapkan oleh perusahaan kosmetik lokal X melalui brand community. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tinjauan literatur. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa strategi amplified eWOM yang dianalisis dengan indikator strategi pemasaran dan implementasi 5T’s sudah selaras. Program brand community menciptakan konten menarik dan relevan menggunakan Instagram dan TikTok untuk berbagi informasi dan berinteraksi dengan audiens. Anggota brand community yang terdiri dari remaja aktif di media sosial, memainkan peran penting sebagai talkers yang menyebarkan informasi dan rekomendasi produk secara autentik. Campaign kreatif dan ulasan jujur membangun word of mouth yang kuat. Strategi pemasaran yang tepat, didukung oleh distribusi melalui e-commerce dan media sosial, membuat perusahaan X mampu mencapai tujuan perusahaan dan memperkuat posisinya di pasar kosmetik remaja
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amalia Maretta Fadhila, Iwan Sukoco, Cecep Safa’atul Barkah, Nurillah Jamil Achmawati Novel
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.