Analisis Persepsi Konsumen Tentang Atribut Produk Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo (Studi Kasus Pada Toko Tia Ponsel Di Kota Pematangsiantar)
DOI:
https://doi.org/10.36985/bgkhga74Keywords:
Merek, Fitur, Desain, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi konsumen tentang atribut produk serta pengaruhnya terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo. Responden yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 79 orang. Variabel yang digunakan yaitu Merek (X1), Fitur (X2), Desain (X3) dan Keputusan Pembelian (Y). Kemudian dilakukan analisis data yang diperoleh dengan menggunakan analisis regresi berganda. Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi : Y = 4,840 + 0,279X1 – 0,084X2 + 0,486X3 + e. Analisis koefisien determinasi (R2) sebesar 0, 594 artinya bahwa 59,4 % variasi variable keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variable merek, fitur dan desain sedangkan sisanya yaitu 40,6 % tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil analisis data yang di peroleh dapat diketahui bahwa variabel merek dan desain mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Tia Ponsel, sedangkan variabel fitur tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Dan variabel merek, fitur dan desain berpengaruh secara simultan (bersamaan) terhadap keputusan pembelian
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Tuahman Sipayung, Bobby Syahreza (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.