Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Pematang Raya

Authors

  • Jhesia Maylin Sumbayak Universitas Simalungun Author
  • Berlian Romanus Turnip Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/nq6z1g12

Keywords:

Pendekatan, Keterampilan Proses, Menulis Cerpen

Abstract

Permasalaha yang dibahas dalam penelitian ini berkaitan dengan Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Pada Kelas Ix Smp Negeri 2 Pematang Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pematang Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional dan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes berupa uraian meliputi tes awal (pre test) dan (post-test). Pendekatan Keterampilan Proses (X) dan kemampuan menulis cerpen (Y). Teknik analisis data dalam penelitian iniadalah korelasi product moment. Hasil penelitian ini dipero leh dari perhitungan korelasi sebesar 0,63 dan uji –t diperoleh t hitung = 6,30 pada taraf signifikan Q = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = N-2 = 63-2 = 61 diperoleh t tabel = 2,00. Jadi t hitung lebih besar dari t tabel (t hitung 6,30 > t tabel = 2,00 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara Pendekatan Keterampilan Proses terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pematang Raya. Jadi Ha diterima kebenarannya dan Ho ditolak kebenarannya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Pematang Raya. (2024). Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 4(1), 46-54. https://doi.org/10.36985/nq6z1g12

Similar Articles

11-20 of 35

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)