Pengaruh Penerapan Metode Listening Team Terhadap Kemampuan Menyimak Informasi Berita Siswa Kelas VII SMP Swasta DR. Cipto Mangun Kusumo Bandar Jawa
DOI:
https://doi.org/10.36985/bcm1dv22Keywords:
Metode Listening Team, Keterampilan Menyimak, Teks BeritaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan metode listening team terhadap kemampuan menyimak informasi berita siswa kelas VIII SMP swasta Dr. Cipto Mangun Kusumo Bandar Jawa. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk uraian dan dibagi menjadi 2 yaitu Pre-test dan Post-test. Teknik pengolahan data pada penelitian ini adalah korelasional. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil data pre-test dan post-test. Hasil data pre-test yang diperoleh dengan jumlah 4501 dengan nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 82, rata-rata yang diperoleh 72,5. Hasil data post-test yang diperoleh dengan jumlah 4903 dengan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 90, rata-rata yang diperoleh 79,08. Hasil nilai dengan menggunakan rumus korelasional adalah 0,71. Hasil data akhir Pengujian hipotesis uji-t diperoleh thitung 0,36 = pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = n – 2 atau 62 – 2 =60 diperoleh t tabel = 2,00 jadi thitung lebih besar dari ttabel (thitung 1,671 > ttabel= 2,00) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan metode listening team terhadap kemampuan menyimak informasi berita siswa kelas VIII SMP swasta Dr. Cipto Mangun Kusumo Bandar Jawa
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dhea Chintia, Rosmeri Saragih (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.