Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Eksplanasi Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Panombeian Panei

Authors

  • Vivi Deviani Universitas Simalungun Author
  • Tuti Ariani Nasution Universitas Simalungun Author
  • Rosmeri Saragih Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/8gf25737

Keywords:

Model Pebelajaran, Teks Eksplanasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Eksplanasi di Kelas VIII SMP Negeri 2 Panombeian Panei. Metode penelitian pendekatan kuantitatif metode eksperimen. Teknik pengumpulan data tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan Program SPSS Version 2.6 Windows. Hasil uji normalitas dilihat dari nilai sig. > 0,05 maka data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas 0,593 > 0,05 artinya data penelitian homogen atau sama. Hasil uji paired sample t-test sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 terdapat nilai rata-rata pre-test dan post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata kelompok ekperimen pre-test  65,07 dan post-test 84,43. Nilai rata-rata pre-test kelompok kontrol 61,83 dan post-test 79,23. Model pembelajaran Discovery Learning efektif digunakan dan berpengaruh signifikan terhadap hasil menulis belajar teks eksplanasi. Jadi Ha diterima kebenarannya dan Ho ditolak kebenarannya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Eksplanasi Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Panombeian Panei. (2024). Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 5(1), 77-88. https://doi.org/10.36985/8gf25737

Similar Articles

1-10 of 30

You may also start an advanced similarity search for this article.