Penerapan Model Retelling Story Terhadap Kemampuan Menyimak Teks Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Pematangsiantar

Authors

  • Dita Ayu Pratiwi Universitas Simalungun Author
  • Netti Marini Universitas Simalungun Author
  • Resmi Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/ygnngg18

Keywords:

Model Retelling Story, Menyimak Teks Cerita Pendek, Siswa kelas XI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model retelling story serta mengetahui kemampuan menyimak siswa agar mencapai suatu hasil pembelajaran yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan teknik korelasional. Penelitian ini menggunakan metode essay test sebagai alat pengumpul data.  Bentuk essay test yang digunakan berupa pre-test dan post-test. Tes yang digunakan berbentuk uraian dengan satu soal yang berhubungan dengan penerapan model retelling story terhadap kemampuan menyimak teks cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Tes tersebut digunakan sebagai alat pengumpul data yang yang berisi rangkaian pertanyaan yang digunakan untuk mengukur pengetahuan, intelegensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki individu atau kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling ( penyampelan secara acak berdasarkan klaster ). Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI kecantikan SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model retelling story terhadap kemampuan menyimak teks cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pematangsiantar berada ditingkat korelasi yang tinggi yaitu dengan jumlah 0,79. Hasil data pre-test diperoleh nilai rata-rata berjumlah 75,4 dan post-test berjumlah 84,2. Melalui perhitungan diperoleh koefisien determinasi sebesar 62% berarti model pembelajaran retelling story memengaruhi kemampuan menyimak teks cerita pendek. Dari hasil penelitian hendaknya para siswa lebih giat dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model-model pembelajaran yang lebih kreatif. Penelitian ini memberikan informasi dan manfaat bagi siswa, pendidik maupun calon tenaga pendidik untuk melakukan persiapan sebelum melaksanakan pembelajaran agar mendukung hasil pembelajaran yang baik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-16

How to Cite

Penerapan Model Retelling Story Terhadap Kemampuan Menyimak Teks Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Pematangsiantar. (2024). Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 5(2), 30-46. https://doi.org/10.36985/ygnngg18

Similar Articles

11-20 of 41

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>