Penerapan Pembelajaran Model Koperatif Type Study Teams Acheviement Devision (STAD) Terhadap Kemampuan Menulis Surat Pribadi Dan Surat Dinas Siswa Kelas VII SMP Taman Siswa Sidomulyo

Authors

  • Hindun Kasturi Universitas Simalungun Author
  • Berlian Romanus Turnip 1Universitas Simalungun Author
  • Resmi Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/z6ew5c51

Keywords:

Studi Team Acheivement Division ( STAD), Surat Pribadi dan Surat Dinas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Studi Team Acheviement  Division (STAD) Terhadap Kemampuan Menulis Surat Pribadi dan Surat Dinas Kelas VII  SMP Taman Siswa Sidomulyo. Metode Penelitian Kuantitatif Eksperimen. Teknik pengumpulan data essay teks . Teknik analisis data menggunakan Program SPSS versi  21 for windows, hasil uji homogenitas  Fhitung dari surat Pribadi =23,631 > ftabel = 4,04 dengan menggunakan level sigifikan α=0,05. Hasil uji Paired Sampel t-test sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hasil uji hasil uji homogenitas Fhitung dari surat Dinas =8,372 > ftabel = 4,04 dengan menggunakan level sigifikan α=0,05. Hasil uji Paired Sampel t-test sig (2-tailed) 2,748 > 1,710 terdapat nilai rata-rata pre-test dan post-test kelompok kelas ekperimen dan kelas kontrol surat pribadi dan surat dinas. Nilai rata-rata kelompok pre-test kelas kontrol surat pribadi dan surat dinas 64,92 dan post-test  84,76. Nilai kelompok pre-test kelas ekperimen surat pribadi dan surat dinas 67,96 dan post-test 83,76. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif Tipe Study Teams Acheviement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi dan durat dinas  di kelas VII SMP Taman Siswa Sidomulyo

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-16

How to Cite

Penerapan Pembelajaran Model Koperatif Type Study Teams Acheviement Devision (STAD) Terhadap Kemampuan Menulis Surat Pribadi Dan Surat Dinas Siswa Kelas VII SMP Taman Siswa Sidomulyo. (2024). Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 6(1), 42-60. https://doi.org/10.36985/z6ew5c51

Similar Articles

1-10 of 77

You may also start an advanced similarity search for this article.