Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Youtube Terhadap Kemampuan Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Serbelawan

Authors

  • Amelia Yuhaini SDN 105455 Sibatu-Batu, Pematangsiantar Author
  • Berlian R Turnip Universitas Simalungun Author
  • Sinur Hutagaol Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/jt6dbv20

Keywords:

Model SAVI, Youtube, Teks Iklan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan YouTube Terhadap Kemampuan Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Serbelawan. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk uraian essay dan di bagi menjadi 2 yaitu pre-test dan pos-test, dan dokumentasi gambar kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini diperoleh dari data pre-test dan pos-test. Hasil data pre-test diperoleh dengan jumlah 4639 dengan nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 82, rata-rata yang diperoleh 67,23. Hasil post-test yang diperoleh dengan jumlah 5716 dengan nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 95, rata-rata yang diperoleh 82,84. Hasil nilai dengan mengggunakan rumus korelasional adalah 0,59. Perhitungan digolongkan pada tingkat korelasi sedang. Hasil data akhir dengan pengujian hipotesis uji-t diperoleh 5,95 = taraf signifikan  = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = n – 2 atau 69 – 2 = 67 diperoleh 1,996 jadi  lebih besar dari  ( 5,95 > 1,996) maka Ha diterima kebenarannya dan Ho ditolak kebenarannya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-22

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Youtube Terhadap Kemampuan Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Serbelawan. (2024). Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 202-220. https://doi.org/10.36985/jt6dbv20

Similar Articles

31-37 of 37

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)