Gerakan Literasi Sekolah Dalam Mempengaruhi Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII MTs Binaul Iman Karang Sari

Authors

  • Berlian R Turnip Universitas Simalungun Author
  • Sinur Hutagaol Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/tek2n240

Keywords:

Menulis, Teks Deskripsi, Gerakan Literasi Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa kelas VII MTs Binaul Iman dalam menulis teks deskripsi melalui gerakan literasi sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berbentuk essay test. Teknik pengolahan data pada penelitian ini adalah korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dan ada peningkatan antara nilai rata-rata siswa pre-test dan post-test. Pada pre-test, nilai rata-rata siswa mencapai 66,22 dan pada post-tes nilai rata-rata siswa mencapai 83,19. Perhitungan koefisien korelasi dari pre-test (X) dan pos-test (Y) yaitu 0.80 yang digolongkan pada tingkat korelasi tinggi. Nilai desminasi adalah 64%. Hasil uji hipotesis dengan uji t, yaitu thitung 10,20. Diketahui dk = n-2 = 59. Untuk penelitian, taraf nyata yang dipakai adalah a = 0,05. Tabel distribusi nilai ttabel = 1,671 maka dapat disimpulkan bahwa thitung ttabel. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima keberadaannya dan hipotesis nol (Ho) ditolak keberadaannya. Maka, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII di Binaul Iman mampu menulis teks deskripsi melalui gerakan literasi sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-22

How to Cite

Gerakan Literasi Sekolah Dalam Mempengaruhi Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII MTs Binaul Iman Karang Sari. (2024). Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 221-232. https://doi.org/10.36985/tek2n240

Similar Articles

11-20 of 41

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)