Gerakan Literasi Sekolah Dalam Mempengaruhi Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII MTs Binaul Iman Karang Sari
DOI:
https://doi.org/10.36985/tek2n240Keywords:
Menulis, Teks Deskripsi, Gerakan Literasi SekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa kelas VII MTs Binaul Iman dalam menulis teks deskripsi melalui gerakan literasi sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berbentuk essay test. Teknik pengolahan data pada penelitian ini adalah korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dan ada peningkatan antara nilai rata-rata siswa pre-test dan post-test. Pada pre-test, nilai rata-rata siswa mencapai 66,22 dan pada post-tes nilai rata-rata siswa mencapai 83,19. Perhitungan koefisien korelasi dari pre-test (X) dan pos-test (Y) yaitu 0.80 yang digolongkan pada tingkat korelasi tinggi. Nilai desminasi adalah 64%. Hasil uji hipotesis dengan uji t, yaitu thitung 10,20. Diketahui dk = n-2 = 59. Untuk penelitian, taraf nyata yang dipakai adalah a = 0,05. Tabel distribusi nilai ttabel = 1,671 maka dapat disimpulkan bahwa thitung ttabel. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima keberadaannya dan hipotesis nol (Ho) ditolak keberadaannya. Maka, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII di Binaul Iman mampu menulis teks deskripsi melalui gerakan literasi sekolah
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Berlian R Turnip, Sinur Hutagaol (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.