Kajian Literatur Peran Brand Community Dalam Efektivitas Pemasaran Kosmetik Lokal X Melalui Strategi Amplified Electronic Word Of Mouth

Authors

  • Amalia Maretta Fadhila Universitas Padjadjaran Author
  • Iwan Sukoco Universitas Padjadjaran Author
  • Cecep Safa’atul Barkah Universitas Padjadjaran Author
  • Nurillah Jamil Achmawati Novel Universitas Padjadjaran Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/gfq7m052

Keywords:

Amplified eWOM, Komunitas Merek, Kosmetik Lokal, Strategi Pemasaran

Abstract

Pertumbuhan merek kosmetik lokal di Indonesia memberikan peluang bagi mereka untuk mengembangkan bisnisnya. Kesadaran masyarakat akan pentingnya kosmetik lokal mendorong industri terkait untuk memproduksi lebih banyak produk skincare dan makeup. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana strategi amplified eWOM diterapkan oleh perusahaan kosmetik lokal X melalui brand community. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tinjauan literatur. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa strategi amplified eWOM yang dianalisis dengan indikator strategi pemasaran dan implementasi 5T’s sudah selaras. Program brand community menciptakan konten menarik dan relevan menggunakan Instagram dan TikTok untuk berbagi informasi dan berinteraksi dengan audiens. Anggota brand community yang terdiri dari remaja aktif di media sosial, memainkan peran penting sebagai talkers yang menyebarkan informasi dan rekomendasi produk secara autentik. Campaign kreatif dan ulasan jujur membangun word of mouth yang kuat. Strategi pemasaran yang tepat, didukung oleh distribusi melalui e-commerce dan media sosial, membuat perusahaan X mampu mencapai tujuan perusahaan dan memperkuat posisinya di pasar kosmetik remaja

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Amalia Maretta Fadhila, Iwan Sukoco, Cecep Safa’atul Barkah, & Nurillah Jamil Achmawati Novel. (2024). Kajian Literatur Peran Brand Community Dalam Efektivitas Pemasaran Kosmetik Lokal X Melalui Strategi Amplified Electronic Word Of Mouth. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 6(2), 237 - 247. https://doi.org/10.36985/gfq7m052

Similar Articles

1-10 of 26

You may also start an advanced similarity search for this article.