Investigasi Peran Temporal Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi Pada Bank Syariah Indonesia

Authors

  • Chamdan Purnama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Anwar Mojokerto Author
  • Zakiyah Zulfa Rahmah Institut Agama Islam Negeri Kediri Author
  • Dinda Fatmah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Anwar Mojokerto Author
  • Mirhamida Rahmah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Anwar Mojokerto Author
  • Syaiful Hasani Universitas Negeri Malang Author
  • Yusriyah Rahmah Universitas Brawijaya Malang Author
  • Yuliani Institut Agama Islam Negeri Kediri Author
  • Binti Mutfarida Institut Agama Islam Negeri Kediri Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/qa4k6692

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah

Abstract

Kualitas pelayanan berperan penting dalam suatu perusahaan disaat persaingan di bidang bisnis terjadi sangat ketat dan terus berubah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah, kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah, kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah, dan kepuasan nasabah dalam memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah desain riset kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah nasabah di Bank Syariah Indonesia dan objek dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan, kepuasan nasabah, dan loyalitas nasabah. Data dikumpulkan dengan pencatatan dokumen dan metode kuesioner, dengan analisis PLS dengan software SmartPLS. Hasil penelitian menemukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, dan kepuasan nasabah memediasi sempurna pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu penelitian masa depan dalam memperhatikan factor - faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas nasabah.  Hasil studi ini juga diharapkan dapat menambah pengetahuan baru yang akan memperkaya teori manajemen manajemen pemasaran maupun teori perilaku organisasi, khususnya yang terkait dengan loyalitas nasabah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Chamdan Purnama, Zakiyah Zulfa Rahmah, Dinda Fatmah, Mirhamida Rahmah, Syaiful Hasani, Yusriyah Rahmah, Yuliani, & Binti Mutfarida. (2024). Investigasi Peran Temporal Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi Pada Bank Syariah Indonesia. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 6(2), 390-400. https://doi.org/10.36985/qa4k6692

Similar Articles

1-10 of 38

You may also start an advanced similarity search for this article.