Pengaruh Digital Marketing Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Aplikasi Grab
DOI:
https://doi.org/10.36985/xxbvzh24Keywords:
Digital Marketing, Kualitas Layanan, Loyalitas Konsumen, Aplikasi GrabAbstract
Perkembangan teknologi informasi menjadi faktor esensial dalam berbagai bidang kehidupan, khususnya dalam mempermudah akses masyarakat terhadap informasi yang dibutuhkan. Hal ini berkontribusi pada peningkatan efisiensi dalam aktivitas sehari-hari yang mendukung tercapainya kesejahteraan. Salah satu penerapan teknologi informasi yang sedang berkembang pesat adalah di sektor layanan digital, termasuk penggunaan aplikasi transportasi online seperti Grab. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami pengaruh Digital Marketing serta Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Konsumen pengguna aplikasi Grab. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah metode kuantitatif dengan penerapan analisis statistik untuk menguji hipotesis, baik secara individual (parsial) maupun bersamaan (simultan). Data diperoleh melalui pengisian kuesioner secara acak yang melibatkan 60 responden konsumen Grab, menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda, asumsi klasik, koefisien determinasi, serta uji t dan uji F, dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian ditemukan bahwa Digital Marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen, yang mengindikasikan adanya dampak nyata dan membenarkan hipotesis yang diajukan. Sejalan dengan temuan tersebut, Kualitas Layanan juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen yang kembali mengkonfirmasi hipotesis penelitian. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menegaskan bahwa baik Digital Marketing maupun Kualitas Layanan secara bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembentukan Loyalitas Konsumen. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh positif dan signifikan dari Digital Marketing dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Konsumen dapat diterima dan terbukti benar
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alana Rahma Yanti, Brunhilde Clairine Dheareida Kueain, Um Farum Faridah, Suharyanto Suharyanto (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.