Pengaruh Live Streaming Dan Personal Branding Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Aplikasi Tiktok
DOI:
https://doi.org/10.36985/5165w331Keywords:
Keputusan Pembelian, Live Streaming, Personal BrandingAbstract
TikTok saat ini menjadi platform media sosial yang paling populer untuk melakukan pembelian. Dengan fitur e-commerce yang inovatif, TikTok menghubungkan penjual, pembeli, dan pembuat konten, menciptakan pengalaman berbelanja yang menarik melalui live streaming. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan mengumpulkan data dari sumber primer dan sekunder melalui penyebaran kuesioner. Sebanyak 380 responden berhasil diambil dari pengguna aplikasi TikTok di Kota Palembang, yang mana populasinya tidak dapat ditentukan, dan dilakukan dengan menggunakan rumus Lemeshow. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah purposive sampling. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif dan regresi berganda menggunakan SPSS Versi 27, dengan pendekatan kuantitatif dari hasil pengisian kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing variabel live streaming, harga, dan personal branding memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian secara terpisah (prob < 0,000 < alpha = 0,50). Ketiga variabel tersebut apabila dianalisis secara bersama-sama juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan keputusan pembelian (prob < 0,000 < alpha = 0,50). Analisis korelasi menunjukkan bahwa live streaming dan personal branding berhubungan sangat kuat dan memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Ditemukan bahwa pengaruh live streaming dan personal branding terhadap keputusan pembelian mencapai 64,3%, sedangkan sisanya sebesar 35,7% terkait dengan faktor lain di luar penelitian ini
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yesni Riana Damanik, Kristianto Kristianto, Johan Alfred Sadares Silalahi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.