Pengaruh Penetapan Biaya Pembelian Jasa Fotografi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Bintang Terang Production)

Authors

  • Agnes Greta Sihombing Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Simalungun Author
  • Siti Nurhayamah Hasibuan Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Simalungun Author
  • Iqbal Siregar Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Simalungun Author
  • Fahrezi Damanik Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Simalungun Author
  • Santi Monika Sihombing Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Simalungun Author
  • Reynold Gultom Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Simalungun Author
  • Rizky Ananda Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Simalungun Author
  • Mutiara Situmorang Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/f905tb82

Keywords:

Biaya Pembelian, Jasa Fotografi, Kepuasan Konsumen, Kualitas Layanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penetapan biaya pembelian jasa fotografi terhadap kepuasan konsumen pada Bintang Terang Production. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif didalam metode studi kasus. Data tersebut dikumpulkan melalui wawancara mendalam kepada enam informan yang relevan dan observasi terhadap strategi kepuasan konsumen. Melalui data wawancara terhadap jasa fotografi tersebut, penelitian ini menemukan bahwa biaya yang transparan dan sesuai dengan kualitas layanan yang diberikan dapat meningkatkan kepuasan konsumen secara signifikan. Temuan ini menyoroti pentingnya komunikasi yang efektif antara fotografer dan konsumen mengenai biaya dan layanan yang ditawarkan. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa kualitas layanan dan komunikasi yang baik memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa fotografer dan perusahaan jasa fotografi perlu mempertimbangkan penetapan biaya yang sesuai dan meningkatkan kualitas layanan untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang bagaimana strategi penetapan biaya dan kualitas layanan dapat mempengaruhi kepuasan konsumen dalam konteks jasa fotografi. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi praktisi dan peneliti dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Sihombing, A. G., Hasibuan, S. N., Siregar, I., Damanik, F., Sihombing, S. M., Gultom, R., Ananda, R., & Situmorang, M. (2025). Pengaruh Penetapan Biaya Pembelian Jasa Fotografi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Bintang Terang Production). Manajemen: Jurnal Ekonomi, 7(2), 432-441. https://doi.org/10.36985/f905tb82

Similar Articles

21-30 of 88

You may also start an advanced similarity search for this article.