Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Dosen Dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada STIKES Suaka Insan Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.36985/5e140k98Keywords:
Reward, Punishment, Disiplin Kerja, KinerjaAbstract
Dalam era globalisasi yang menuntut peningkatan mutu pendidikan, kinerja dosen menjadi faktor krusial dalam mencapai visi dan misi institusi pendidikan tinggi, termasuk di STIKES Suaka Insan Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh reward dan punishment terhadap disiplin kerja, serta dampaknya terhadap kinerja dosen di STIKES Suaka Insan Banjarmasin. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan SmartPLS dengan membagikan kuesioner kepada semua dosen berjumlah 39 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reward dan punishment memiliki pengaruh signifikan terhadap disiplin kerja dosen. Namun, disiplin kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen. Reward terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja dosen, sedangkan punishment tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kinerja dosen. Meskipun demikian, pemberian reward dan punishment secara tidak langsung berkontribusi terhadap peningkatan kinerja dosen melalui peningkatan disiplin kerja. Penelitian ini juga memberikan implikasi bahwa strategi pengelolaan SDM yang seimbang antara reward dan punishment dapat menjadi instrumen penting dalam membangun budaya kerja yang positif, meningkatkan disiplin, dan mendorong kinerja dosen yang lebih optimal. Temuan ini diharapkan menjadi dasar bagi pengembangan kebijakan sumber daya manusia di institusi pendidikan tinggi, khususnya dalam mendukung pencapaian tujuan strategis STIKES Suaka Insan Banjarmasin
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anis Setiarini, Rizky Nastiti, Rofiqah Wahdah, Fadma Yulianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.