Indeks Kepuasan Masyarakat Pelayanan Publik Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Simalungun

Authors

  • Pinondang Nainggolan Universitas Simalungun Author
  • Berehman Saragih Universitas Simalungun Author
  • Roeskani Sinaga Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/8jh06y74

Keywords:

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Pelayanan Publik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui IndeksKepuasan Masyarakat (IKM) atas pelayanan publik pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Simalungun. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan publik melalui perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Simalungun. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan untuk memperoleh data adalah dengan menggunakan kwessioner kepada 50 orang respponden. Responden yang dipilih adalah masyarakat yang berurusan dengan kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Simalungun.Teknik analisis data adalah dengan mengikuti Undang-Undang nomor 25 tahun 2009 tentang dan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara tahun2017 nomor 14 pengukuran Indeks Kepuasan Konsumen atas pelayanan publik. Hasil analisis data penelitian dengan sembilan pertanyaan diperoleh kesimpulan bahwa kepuasan masyarakat atas pelayanan publik melalui Indeks Kepuasan Masyarakat berada pada kategori baik dengan IKM = 76,89 (baik). Namun diantara sembilan pertanyaan ternyata unsur yang paling tinggi adalah kesesuaian persyaratan yang diumumkan dengan yang nyata dilaksanakan, sedangkan unsur yang paling rendah tingkat kepusan masyarakat adalah ketersediaan sarana dan prasarana kantor. Atas dasar hasil analisis data disaranakan agar pihak Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Simalungun tetap meningkatkan kinerja dan profesionalismenya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sehingga pada akhirnya akan meningkatkan Indeks kepuasan masyarakat atas pelayanan publik pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Simalungun

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Nainggolan, P., Saragih, B., & Sinaga, R. (2025). Indeks Kepuasan Masyarakat Pelayanan Publik Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Simalungun. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 7(2), 651 – 662. https://doi.org/10.36985/8jh06y74

Similar Articles

1-10 of 173

You may also start an advanced similarity search for this article.