Pengaruh Ekuitas Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone Oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Authors

  • Dini Arfah Laily S Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia Author
  • Edison Sagala Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia Author
  • T Teviana Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia Author
  • Dina Sarah Syahreza Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia Author
  • Hendra Syahreza Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/k8kc8n65

Keywords:

Ekuitas Merek, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ekuitas merek dan harga Terhadap Keputusan Pembelian smartphone merek Iphone. Selain itu, penelitian ini juga memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh antara Harga terhadap keputusan pembelian melalui ekuitas merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan populasi sebanyak konsumen iphone pada mahasiswa Fakultas ekonomi Universitas Negeri Medan dan mendapatkan sampel sebanyak 90 konsumen. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrument berbentuk kuesioner dengan pemberian skor jawabannya menggunakan skala Likert dan diolah secara statistik menggunakan perangkat lunak SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekuitas merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Universitas Negeri Medan yang dapat dilihat dari nilai thitung > ttabel yaitu 6,525 > 1,662 dan taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Harga berpengaruh terhadap Keputusan pembelian smartphone merek iphone pada mahasiswa Universitas Negeri Medan yang dapat dilihat dari nilai thitung > ttabel yaitu 1.719 > 1,662 dan taraf signifikansi sebesar 0,024 < 0,05. Ekuitas merek dan harga berpengaruh terhadap Keputusan pembelian smartphone Merek iphone pada mahasiswa Universitas Negeri Medan yang dapat dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel yakni 27.742 > 3,10 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Arfah Laily S, D., Sagala, E., Teviana, T., Sarah Syahreza, D., & Syahreza, H. (2024). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone Oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 6(2), 377-389. https://doi.org/10.36985/k8kc8n65

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.